Pengertian Tata Surya serta Anggota Tata Surya

Pengertian Tata Surya (The Solar System) – Kali ini konsepgeografi.net akan berbagi penjelasan mengenai pengertian tata surya. Tata surya juga biasa disebut sebagai sistem matahari. Melibatkan berbagai macam benda-benda langit termasuk bumi tempat kita berpijak saat ini dan juga benda-benda langit yang mungkin pernah dilihat dari kejauhan di atas langit.
Pengertian Tata Surya
Pengertian Tata Surya

Pengertian Tata Surya (The Solar System)

Tata surya adalah suatu sistem yang terdapat di jagat raya terdiri atas matahari sebagai pusatnya, planet-planet (termasuk Planet Bumi), satelit-satelit (misalnya bulan), asteroid, komet, meteor, debu, kabut, dan benda-benda lainnya sebagai anggota dari tata surya yang beredar mengelilingi pusatnya, yakni matahari pada orbit atau garis edarnya masing-masing.
Berdasarkan pengertian tersebut, dapatlah diduga bahwa bintang-bintang yang lainnya pun kemungkinan besar memiliki sistem seperti tata surya dengan pusat dan lintasan orbit tertentu. Dalam arti lain, bukan tidak mungkin setiap bintang memiliki sistem bintang seperti matahari, karena matahari hanya merupakan satu dari miliaran bintang yang ada di jagat raya.
Baca juga:

Benda-benda Angkasa sebagai Anggota Tata Surya

Benda-benda angkasa yang termasuk struktur utama dari system tata surya adalah:

1. Matahari (the sun)
Matahari merupakan salah satu bintang di dalam Galaksi Bima Sakti yang memiliki fungsi dan peranan paling penting di dalam struktur tata surya. Matahari merupakan bagian dari tata surya yang memiliki ukuran, massa, volume, temperatur, dan gravitasi yang paling besar sehingga matahari memiliki pengaruh yang sangat besar pula terhadap benda-benda angkasa yang beredar mengelilinginya.

2. Planet-planet (the planets)
Selain matahari ada juga anggota tata surya berupa benda-benda langit lainnya yaitu planet-planet. Planet merupakan anggota benda-benda langit yang memiliki beberapa variasi dengan bentuk dan ukuran tertentu pada planet. Planet terbagi menjadi 8 yaitu merkurius, venus, bumi, mars, jupiter, saturnus, uranus, neptunus yang memiliki variasi dengan cirri-ciri tertentu pada setiap planet.

3. Bulan (the moon) dan satelit lainnya
Satelit merupakan benda langit yang bergerak mengelilingi planet dan bersama-sama dengan planet bergerak mengelilingi matahari. Selain itu satelit juga berputa rpada porosnya. Bulan merupakan salah satu satelit.

4. Asteroid
Asteroid merupakan benda-benda langit seperti planet yang berukuran kecil yang bentuknya tidak teratur. Orbit asteroid terletak diantara orbit planet mars dan planet jupiter.

5. Komet
Komet atau yang disebut bintang berekor merupakan anggota penyusun tatasurya yang tersusun dari kumpulan debu dan es. Komet halley merupakan komet yang mendekati bumi setiap 76 tahun sekali.

6. Meteor dan Meteorid
Meteor atau yang biasa disebut dengan bintang jatuh juga merupakan benda langit yang memasuki atmosfer bumi. Sedangkan meteorid merupakan meteor yang mecapai permukaan bumi. Metor dan metorid merupakan anggota penyusun tatasurya.

Jadi kesimpulannya bahwa Tata surya (solar system) merupakan suatu sistem yang anggotanya terdiri atas matahari, planet-planet, satelit, asteroid, komet, dan meteor serta meteorid.

Itulah penjelasan singkat mengenai Pengertian Tata Surya (The Solar System). Dan semoga penjelasan di atas dapat bermanfaat dalam menambah wawasan sahabat dalam ilmu pengetahuan Geografi modern ini. – KonsepGeografi.net

Pustaka:
[Jelajah Bumi dan Alam Semesta oleh Hartono Tahun 2009, Geografi Kelas 10 SMA/MA]
[lmugeografi dan Seputarpendidikan003 Blogspot]
[Google Images]

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter