Piramida Penduduk Muda Indonesia Tahun 2021 (Lengkap Gambar)

Piramida Penduduk Muda – Sahabat konsepgeografi.net, kali ini kami akan berbagi update pengetahuan mengenai piramida penduduk muda. Update kali ini juga kami akan menyertakan piramida di tahun kemarin yaitu 2021.

Namun sebelum memahami lebih lanjut mengenai bagaimana dan seperti apa Piramida Penduduk Muda itu, alangkah baiknya jika kita memahami apa yang dimaksud dengan piramida penduduk.

Piramida Penduduk Muda
Piramida Penduduk INDONESIA Tahun 2021

Pengertian Piramida Penduduk

Piramida penduduk adalah suatu metode untuk mengilustrasikan komposisi penduduk di suatu wilayah berdasarkan usia dan jenis kelamin. Piramida ini terdiri dari dua diagram batang, pada satu sisi menunjukkan jumlah penduduk laki-laki dan pada sisi lainnya bisa menunjukkan jumlah penduduk perempuan.

Umumnya, setiap batang ini menunjukkan jumlah penduduk setiap jenis kelamin dalam kelompok interval usia penduduk lima tahunan. Penduduk laki-laki biasanya digambarkan di sebelah kiri dengan warna biru sedangkan penduduk wanita umumnya digambarkan di sebelah kanan dengan warna merah/pink.

Grafik ini dapat menunjukkan jumlah penduduk atau prosentase jumlah penduduk pada usia tertentu dan jenis kelamin tertentu terhadap jumlah penduduk total.

Dalam piramida penduduk ada beberapa jenis yaitu piramida penduduk segitiga, kerucut, limas, atau piramida penduduk muda. Setiap jenis piramida pasti punya karakteristik masing-masing.

Lihat: Jenis-jenis, Pengertian, dan Fungsi Piramida Penduduk

Piramida Penduduk Muda (Piramida Ekspansif)

Istilah lain dari piramida penduduk yaitu piramida ekspansif.
Gambar piramida penduduk berbentuk kerucut dengan alas yang lebar dan puncak yang meruncing. Piramida penduduk menggambarkan pertumbuhan penduduk yang pesat.

Nach pada piramida penduduk muda, jumlah penduduk usia muda merupakan jumlah yang dominan. Contoh negara dengan piramida penduduk muda adalah Indonesia. Ada beberapa informasi yang terkandung dalam piramida muda yaitu:

  1. Sebagian besar penduduk berada dalam kelompok umur muda
  2. Kondisi tersebut mengambarkan bahwa penduduk daerah tersebut sedang mengalami pertumbuhan
  3. Tingkat kelahiran dan kematian masih cukup tinggi
  4. Pertumbuhan penduduk tinggi

Pada piramida penduduk muda, bentuk diagram yang digambarkan mirip dengan bangun limas. Piramida ini bisa menjadi ciri bahwa sebagian besar penduduk ada pada kategori umur muda. Sederhananya bila di sebuah wilayah memiliki angka kematian lebih rendah dan angka kelahiran lebih tinggi, maka banyak penduduk yang berusia muda. Bentuk piramida ini sering ditemukan di negara berkembang misalnya Indonesia, Thailand, Malaysia.

Ciri – ciri piramida penduduk muda atau expansive adalah:

  1. Angka kelahiran sangat tinggi daripada angka kematian.
  2. Jumlah penduduk usia muda (0 tahun – 19 tahun) sangat besar serta usia tua sedikit jumlahnya.
  3. Pertumbuhan penduduk sangat tinggi.
  4. Sebagian besar ada dikategori penduduk muda.
  5. Ada di negara-negara berkembang.
  6. Kelompok usia tua sedikit.

Berikut Gambar Piramida Penduduk Muda di Tahun 2021

Piramida Penduduk Muda
Piramida Penduduk Muda 2021

Selain piramida penduduk muda, ada juga piramida penduduk tua yang akan kami bahas di lain waktu jika ada kesempatan. Demikian ulasan kali ini semoga memberikan manfaat.

Sumber:
Penulis Rumuskimia.net untuk Geografi Kelas 11 K13
Wikipedia, Ruang Guru, dan Population Pyramid (akses pada 14 Februari 2022, sekitar jam 22.30)