Gejala Optik yang Seringkali Muncul pada Atmosfer

Gejala Optik yang Seringkali Muncul pada Atmosfer - Ada beberapa gejala optik yang seringkali muncul pada atmosfer terutama pada lapisan troposfer, antara lain sebagai berikut.
Gejala Optik yang Seringkali Muncul pada Atmosfer
Gejala Optik yang Seringkali Muncul pada Atmosfer

Beberapa Gejala Optik yang Seringkali Muncul pada Atmosfer

a. Pelangi

Yaitu suatu bentuk setengah lingkaran (lengkungan) di udara yang terdiri atas spektrum warna yang terjadi ketika sinar matahari mengenai partikel-partikel air di udara. Partikel-partikel air tersebut berupa uap atau titik-titik air yang tipis dan tembus pandang yang berfungsi sebagai prisma yang memantulkan (refleksi) dan membiaskan (refraksi) spektrum warna yang terdapat pada cahaya matahari.

b. Aurora

Yaitu suatu gejala dalam bentuk cahaya yang sering tampak di sekitar kutub utara dan selatan bumi. Aurora terbentuk jika partikel-partikel bermuatan listrik dari sun spots (bintik-bintik matahari) mengalir ke arah bumi tertarik oleh gaya geomagnetik utara dan selatan bumi. Aurora di sekitar kutub utara disebut Aurora Borealis (Cahaya Utara), sedangkan aurora di kutub selatan disebut Aurora Australis (Cahaya Selatan).

c. Kilat

Adalah aliran atau loncatan listrik dalam bentuk cahaya (sinar) di antara dua awan atau antara awan dengan bumi yang bermuatan listrik berlawanan.

d. Fatamorgana

Yaitu ilusi optik akibat pembiasan sinar matahari oleh udara dengan tingkat kerapatannya berbeda. Fatamorgana biasanya berupa kenampakan genangan air di tengah padang pasir atau di permukaan jalan beraspal yang terkena panas terik matahari. Kenampakan itu sebenarnya hanyalah sinar matahari yang dibiaskan oleh massa udara dengan kerapatannya yang renggang. Pada umumnya terbentuk pada permukaan padang pasir atau jalan beraspal dibandingkan dengan kerapatan udara di sekitarnya.

e. Halo

Yaitu lingkaran putih yang terkadang terlihat di sekitar matahari atau bulan.

Demikian penjelasan mengenai Gejala Optik yang Seringkali Muncul pada Atmosfer yang dapat dijelaskan pada kesempatan ini, semoga bermanfaat. Dan jangan lupa lihat juga materi Geografi lainnya seperti 5 Lapisan-lapisan Atmosfer yang Utama, Pengertian Jenis dan Klasifikasi dari Mineral, serta Sifat Fisik Atmosfer dan Unsur-unsur Terpenting dalam Atmosfer.

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter