Fungsi, Tujuan dan Manfaat Mempelajari Geografi

Fungsi, Tujuan dan Manfaat Mempelajari Geografi – Diketahui bahwa geografi merupakan ilmu yang mempelajari tentang lokasi serta persamaan dan perbedaan (variasi) keruangan atas fenomena fisik, dan manusia di atas permukaan bumi. Mempelajari geografi sebagai salah satu ilmu, tentunya memiliki fungsi, tujuan serta manfaat yang dapat diperoleh.
Fungsi, Tujuan dan Manfaat Mempelajari Geografi
Fungsi, Tujuan dan Manfaat Mempelajari Geografi

Fungsi, Tujuan dan Manfaat Mempelajari Geografi

Untuk lebih jelasnya mengenai; apa sebenarya fungsi dan tujuan serta manfaat dari mempelajari geografi itu?, berikut ulasannya:

Fungsi Pelajaran Geografi

Berikut beberapa fungsi dari pelajaran Geografi:
  1. Sebagai alat analisis keruangan dengan proses-proses yang saling terkait, misalnya, keterkaitan antaraspek fisik, sebagai contoh keterkaitan lereng dan erosi, keterkaitan aspek fisik dan sosial ekonomi;
  2. Sebagai alat analisis kelingkungan yang berfungsi menganalisis hubungan antara manusia dan lingkungan tempat tinggalnya, misalkan hubungan antara laut dan tambak dengan nelayan atau hubungan antara petani vanili dan dataran tinggi;
  3. Sebagai alat analisis kewilayahan sehingga dapat memberikan ciri yang khas pada satu wilayah, yang dapat membedakan antara wilayah yang satu dengan wilayah yang lainnya.

Tujuan Pembelajaran Geografi

Adapun tujuan pembelajaran geografi yang menjadi dasar pembelajaran geografi ada tiga macam, yaitu pengetahuan, keterampilan, dan sikap.
  • Sebagai Pengetahuan
Geografi bertujuan mengembangkan konsep dasar geografi yang berkaitan dengan pola keruangan dan prosesnya; mengembangkan pengetahuan, peluang dan keterbatasan sumber daya alam untuk dimanfaatkan; mengembangkan konsep dasar geografi yang terkait dengan lingkungan sekitar dan wilayah negara atau dunia.

  • Sebagai Keterampilan
Geografi bertujuan mengembangkan keterampilan mengamati lingkungan fisik, lingkungan sosial, dan lingkungan binaan; mengembangkan keterampilan mengumpulkan, mencatat data dan informasi yang berkaitan dengan aspek keruangan; mengembangkan keterampilan analisis, sintesis, kecenderungan, dan hasil-hasil dari interaksi berbagai gejala geografis.

  • Sebagai Sikap
Geografi bertujuan menumbuhkan kesadaran terhadap perubahan fenomena geografi yang terjadi di lingkungan sekitar; mengembangkan sikap melindungi dan tanggung jawab terhadap kualitas lingkungan hidup; mengembangkan kepekaan terhadap permasalahan dalam pemanfaatan sumber daya; mengembangkan sikap toleransi terhadap perbedaan sosial dan budaya; mewujudkan rasa cinta tanah air dan persatuan bangsa.

Manfaat Mempelajari Geografi

Ada beberapa manfaat dalam mempelajari geografi yang nantinya dapat dijadikan dasar dalam kehidupan modern saat ini. Berikut manfaatnya:
  • Pemetaan potensi pertanian daerah
Untuk mengetahui potensi daerah di sektor pertanian dapat dilakukan dengan analisis kesesuaian lahan pertanian. Sebelum melakukan analisis tersebut diperlukan informasi geografi seperti kemiringan lahan, data jenis tanah, klimatologi dan ketinggian wilayah. Setelah data ini terkumpul lalu melakukan teknik overlay peta kemiringan lahan, ketinggian tanah, klimatologi dan jenis tanah. Hasilnya akan menunjukkan apakah suatu daerah berpotensi mengembangkan sektor pertanian sebagai sektor unggulan daerah.

  • Pengarah pembangunan daerah
Ilmu geografi digunakan untuk mengarahkan pembangunan daerah, karena melalui informasi kondisi fisik wilayah, dapat dilakukan analisis potensi unggulan daerah. Misalnya, pemetaan potensi pertanian dalam satu kabupaten, dapat digunakan untuk mengarahkan jenis pemanfaatan lahan yang terbangun di satu bentang lahan. Apabila suatu lahan ditetapkan berpotensi sebagai kawasan pertanian, maka pembangunan perumahan dan fungsi publik lainnya dapat dipindahkan ke lokasi lain, sehingga tidak mengorbankan lahan pertanian.

  • Sebagai informasi potensi alam daerah
Pemetaan geografis yang dilakukan untuk berbagai kepentingan akan membantu pemangku jabatan dan kepala daerah mengenali potensi unggulan daerahnya. Salah satunya adalah merangkum luasan lahan pertanian, perkebunan dan lahan kosong dalam satu wilayah. Informasi ini akan memberikan gambaran bagi kepala daerah untuk merumuskan program pembangunan pada sektor-sektor unggulan agar mampu meningkatkan PAD Kabupaten.

  • Pemetaan daerah rawan bencana
Perkembangan ilmu pengetahuan dan sarana memperoleh berbagai penelitian saat ini semakin mudah. Kemudahan mengakses informasi selayaknya digunakan untuk menunjang pembuatan peta daerah rawan bencana. Tujuannya agar dana yang digelontorkan pemerintah untuk bencana lebih banyak dimanfaatkan untuk manajemen bencana. Ilmu geografi sangat berperan dalam pemetaan rawan bencana, melalui pengumpulan data fisik kawasan (curah hujan dan jenis tanah) pemerintah dan tim ahli dapat merumuskan letak zona rawan bencana dalam satu wilayah.

  • Potensi ekonomi wilayah
Bagaimana mengetahui potensi ekonomi wilayah dari ilmu Geografi? saat ini ilmu geografi tidak hanya membahas keadaan fisik lahan saja, tapi keadaan ekonomi suatu wilayah juga dipelajari dalam ilmu Geografi. Informasi wilayah melalui pemetaan pertanian dan perkebunan misalnya dapat digunakan untuk mengukur pertumbuhan PDRB kecamatan dan kabupaten. Informasi akan memberikan gambaran posisi kabupaten diantara kabupaten yang lain, apakah termasuk daerah maju atau tertinggal.

  • Sebagai gambaran kepadatan penduduk
Ilmu geografi juga mencakup ilmu kependudukan dan teori migrasi penduduk dalam satu kabupaten. Ilmu Geografi untuk menghitung kepadatan penduduk berfungsi untuk mengetahui tingkat pertumbuhan penduduk dan besaran pengelompokan usia produktif dan lansia. Melalui informasi kependudukan dalam ilmu Geografi kepala daerah mampu mengukur besaran potensi usia produktif yang dapat diserap sebagai tenaga kerja. Sebaliknya informasi kependudukan yang menggambarkan besaran usia lansia yang lebih tinggi dibandingkan usia produktif akan menjadi informasi bagi kepala daerah terkait angka beban tanggungan usia produktif terhadap lansia.

  • Informasi kondisi lingkungan
Data klimatologi, kemiringan lereng, jenis tanah dan geologi sangat bermanfaat untuk mengetahui tingkat degradasi lingkungan yang terjadi dari tahun ke tahun. Informasi ini bermanfaat bagi masyarakat untuk mengetahui ancaman lingkungan yang bisa terjadi kapan saja sehingga dapat dilakukan tindakan preventif, seperti pencegahan kerusakan lingkungan sejak dini.

  • Sebagai informasi penggunaan lahan
Geografi juga berperan dalam pengelompokan jenis penggunaan lahan dalam satu kabupaten. Ilmu geografi seperti penginderaan jauh/remote sensing akan membantu proses pemetaan tata guna lahan pada satu daerah. Informasi penggunaan lahan saat ini sangat dibutuhkan untuk penelitian bidang pertanian dan perencanaan kota dan daerah. Untuk melakukan pemetaan tata guna lahan memerlukan sumber lain salah satunya diperoleh dari Citra Landsat, Quickbird dan Ikonos.

  • Informasi keadaan dan jenis tanah
Informasi jenis tanah dalam Geografi sangat penting untuk mengarahkan jenis peruntukan lahan yang sesuai di atas lahan tersebut. Misalnya untuk pengembangan pariwisata, perlu mempertimbangkan informasi jenis tanah, apakah pengembangan kawasan wisata aman bagi pengunjung dan tidak merusak lingkungan sekitar. Selain kawasan wisata, informasi jenis tanah juga bermanfaat untuk rencana pengembangan industri, tujuannya agar limbah industri yang didirikan mempertimbangkan limbah pembuangan dan kondisi tanah sekitarnya.

  • Informasi perubahan iklim
Ilmu Geografi berperan dalam informasi keadaan iklim dan cuaca satu kawasan. Data klimatologi berfungsi untuk menentukan jenis pengembangan hortikultura dan pertanian yang cocok di satu daerah. Data curah hujan akan mengarahkan jenis pengembangan tanaman pertanian yang cocok dikembangkan oleh masyarakat.
Baca Juga: Perbedaan Angin Gunung dan Angin Lembah.
Itulah beberapa fungsi, tujuan dan manfaat mempelajari geografi. Jadi banyak hal yang dapat diperoleh dari mempelajari Geografi, tidak hanya sebatas apa yang penulis jelaskan di atas. Demikian dan semoga bermanfaat.

Pustaka:
[Fungsi, Tujuan dan Manfaat Mempelajari Geografi – KonsepGeografi.net 2017]
[Geografi 1 oleh Iwan Gatot Sulistiyanto Terbitan 2009]
[Manfaat Geografi – Manfaat Co Id; Akses 2017]

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter

0 Response to "Fungsi, Tujuan dan Manfaat Mempelajari Geografi"

Posting Komentar

> Bagikan jika bermanfaat.
> Mari belajar bersama, jangan sungkan untuk berkomentar.