Konsep Geografi Khusus Konsep Pola Lengkap Contohnya

Konsep Geografi Khusus Konsep Pola Lengkap Contohnya - Salah satu konsep geografi yang menjadi dasar dari ilmu geografi yakni konsep pola. Setelah sebelumnya telah dijelaskan beberapa konsep dalam geografi lainnya seperti konsep jarak serta konsep lokasi. Nach kali ini giliran penjelasan konsep Pola dalam geografi yang akan kami bagikan khusus bagi sahabat GEO. Dan tidak lupa pula nantinya juga akan di paparkan beberapa contoh sederhana dari konsep pola tersebut.
Konsep Pola
Gambaran Konsep Pola

Konsep Pola

Untuk memahami  seperti apa sebenarnya konsep pola ini, terlebih dahulu sahabat harus tahu pasti akan pengertian konsep pola. Jadi yang dimaksud dengan konsep pola merupakan konsep bentuk, struktur, dan persebaran fenomena atau kejadian di permukaan bumi baik gejala alam maupun dengan gejala sosial berupa tatanan geometris yang beraturan.

Contoh Konsep Pola

Berikut ini merupakan beberapa contoh dari pola yang dimaksud dalam konsep geografi:
  1. Pola permukiman penduduk yang memanjang mengikuti jalan raya atau sungai. 
  2. Pemukiman di kota besar misalnya jakarta dibangun berhimpitan
  3. Aliran air sungai yang berbentuk sudut siku-siku adalah aliran sungai rectangular
  4. Pemukiman memanjang di sepanjang di jalan raya pantura jawa
  5. Pola permukiman di pegunungan menyebar, di pantai sesuai garis pantai.
  6. Pola persebaran pemukiman di daerah pegunungan didominasi oleh pola menyebar.
  7. Pola sungai di daerah lipatan pada umumnya trellis.
  8. Desa yang memiliki sumber air atau danau pemukiman penduduknya melingkar.

Yap, memang penjelasan di atas sangat singkat, namun kami berharap penjelasan di atas dapat menjadi referensi bagi kita semua untuk lebih memahami lebih jauh apa sebenarnya Konsep Pola yang merupakan salah satu konsep dasar dalam ilmu Geografi. Demikian san semoga berkah, terima kasih.

Perlu juga kami infokan sebagai penambah wawasan sahabat, bahwa ada beberapa konsep dasar dalam ilmu geografi diantaranya konsep lokasi, konsep jarak, konsep keterjangkauan, konsep pola, konsep geomorfologi, konsep aglomerasi, konsep nilai kegunaan, konsep interaksi interdependensi, konsep diferensiasi area, konsep keterkaitan keruangan. Namun konsep geografi tidak sebatas itu saja.

Pustaka:
[Wikipedia Indonesia, Konsepgeografi.net, dan beberapa sumber yang relevan]

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter