Perbedaan Hutan Hujan Tropis dengan Hutan Hujan Iklim Sedang

Perbedaan Hutan Hujan Tropis dengan Hutan Hujan Iklim Sedang - Hutan hujan atau yang biasa diistilahkan dengan Rainforest dalam bahasa Inggris adalah hutan yang selalu hijau sepanjang tahun (evergreen). Keberadaan hutan ini sangat penting bagi makhluk penghuni Bumi. Hutan ini berfungsi membersihkan udara dan menggantinya dengan oksigen. Tidak heran apabila hutan ini dijuluki sebagai paru-paru dunia. Karena begitu pentingnya, hutan ini perlu dilestarikan sebagai warisan dunia (world’s heritage). Rainforest dibedakan menjadi dua, yaitu hutan hujan tropis (tropical rainforest) dan hutan hujan iklim sedang (temperate rainforest). Agar kamu lebih paham, mari kita bahas satu per satu.

Perbedaan Hutan Hujan Tropis dengan Hutan Hujan Iklim Sedang

Untuk mengetahui perbedaan kedua hutan tersebut, berikut karakteristik dari hutan hujan tropis dengan hutan hujan iklim sedang:

a. Hutan Hujan Tropis

Hutan Hujan Tropis
Hutan Hujan Tropis
Sesuai namanya, tentu kamu bisa menebak bahwa hutan ini terdapat di daerah tropis. Daerah tropis terletak antara garis balik utara (23°30' LU) sampai garis balik selatan (23°30' LS). Tentu saja hanya wilayah yang terletak di daerah inilah yang mempunyai hutan hujan tropis. Wilayah tersebut meliputi sebagian Asia, Afrika, dan Amerika Selatan. Pepohonan yang terdapat di hutan hujan tropis sangat lebat. Kanopinya sangat rapat sehingga mampu menghalangi cahaya matahari menerobos dasar hutan. Hal ini menyebabkan dasar hutan menjadi basah dan lembap. Tumbuhan yang hidup di hutan ini hampir tidak terhitung jumlahnya. Mulai dari pohon besar yang tinggi menjulang sampai tumbuhan epifit yang jumlah spesiesnya mencapai ratusan.

Di hutan ini hidup berbagai macam binatang dari mamalia, reptilia, burung, sampai serangga yang jenisnya tidak terhitung. Meskipun sama-sama tinggal di hutan hujan tropis, jenis binatang di Afrika, Asia, dan Amerika Selatan tampak jelas perbedaannya. Hutan hujan Afrika dihuni oleh gajah hutan, okapi, kera, badak, babi rusa, berbagai macam jenis ular, dan burung. Hutan hujan di Asia dihuni oleh binatang gajah, harimau, kera, badak, sanca (phyton), rusa, dan berbagai macam burung. Adapun hutan hujan di Amerika Selatan dihuni oleh kera, tapir, armadilo, tamandua, kolibri, dan anaconda.

Sekilas ada beberapa binatang yang sama antara Afrika dan Asia, misalnya gajah dan badak. Namun, ada perbedaan yang mencolok antara keduanya. Gajah afrika bertelinga lebar sedangkan gajah asia bertelinga kecil. Badak afrika bercula dua tetapi lebih panjang dibanding badak asia. Bahkan badak asia ada yang bercula satu yaitu badak jawa. Demikian halnya dengan binatang di hutan hujan Amerika Selatan. Di hutan ini hidup kera yang juga terdapat di hutan hujan Asia dan Afrika. Namun, kera-kera di Amerika Selatan memiliki ekor yang panjang dan kuat. Ekor ini berfungsi untuk memegang dahan pepohonan. Kera semacam ini tidak terdapat di Afrika maupun Asia.
Baca Juga:

b. Hutan Hujan Iklim Sedang

Hutan Hujan Iklim Sedang
Hutan Hujan Iklim Sedang
Sesuai dengan namanya, hutan ini terdapat di daerah beriklim sedang, yaitu antara 23°30'–66°30' LU maupun LS. Berbeda dengan hutan hujan tropis, tumbuhan yang ada di hutan hujan iklim sedang tidak banyak. Hanya tumbuhan yang tahan terhadap iklim dingin saja yang mampu tumbuh di hutan ini, umumnya berupa taiga, yaitu hutan berdaun jarum seperti pinus, cemara, tusam, dan balsam. Persebaran hutan ini meliputi Alaska, Kanada, Asia bagian utara, dan Eropa. Di Kanada, pohon di hutan ini banyak ditebangi hingga menjadikan negara tersebut sebagai penghasil kayu terbesar di dunia. Namun, seiring dengan kesadaran lingkungan, penebangan secara besar-besaran mulai dihentikan.

Seperti kondisi jumlah jenis pohon, jenis hewan di hutan hujan iklim sedang tidak begitu banyak. Hanya beberapa hewan tahan dingin saja yang hidup di hutan itu misalnya, rusa bagal, beruang grizzly, wolferine, tikus salju, kelinci, serigala salju, ular derik, dan beberapa burung serta serangga. Beberapa jenis ikan juga hidup di sungai-sungai yang melalui hutan ini. Di antara beberapa jenis ikan yang terkenal adalah ikan salmon di Kanada. Ikan ini berenang menuju hulu sungai dalam jumlah ribuan untuk bertelur.
Ini Dia: Langkah-langkah Cara Mengatasi Penangkapan Ikan yang Berlebihan (Overfishing).
Itulah karakteristik yang menyebabkan adanya Perbedaan Hutan Hujan Tropis dengan Hutan Hujan Iklim Sedang. Jadi Hutan hujan tropis terletak antara garis balik utara (23°30' LU) sampai garis balik selatan (23°30' LS), sedangkan hutan hujan iklim sedang terdapat di daerah beriklim sedang, yaitu antara 23°30'–66°30' LU maupun LS.

[Pustaka: Perbedaan Hutan Hujan Tropis dengan Hutan Hujan Iklim Sedang dalam Konsep Geografi; Geografi SMA/MA Kelas XI]

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter