Keadaan Alam atau Fisiografi Amerika Serikat dan Kanada

Keadaan Alam atau Fisiografi Amerika Serikat dan Kanada – Sahabat KonsepGeografi.net, kali ini akan berbagi penjelasan mengenai Keadaan Alam atau Fisiografi Amerika Serikat dan Kanada. Wilayah Amerika Serikat dan Kanada terbentang luas mulai dari Laut Arktik di Kutub Utara hingga batas utara dari Meksiko di Selatan. Secara geografis, mulai dari kawasan subtropik di Semenanjung Florida dan Teluk Meksiko hingga ke Alaska dan pulau-pulau yang berada di lingkaran Kutub Utara yang beriklim kutub.
Keadaan Alam atau Fisiografi Amerika Serikat dan Kanada
Keadaan Alam atau Fisiografi Amerika Serikat dan Kanada

Keadaan Alam atau Fisiografi Amerika Serikat dan Kanada

Berdasarkan reliefnya (bentukan muka bumi), wilayah Amerika Serikat dan Kanada dapat dibedakan menjadi lima wilayah utama yaitu sebagai berikut.

a) Wilayah Pantai

Meliputi daerah pantai barat di kawasan Samudra Pasifik, pantai timur di kawasan Samudra Atlantik, dan pantai selatan di kawasan Teluk Meksiko.

b) Wilayah Pegunungan Lipatan Muda Sirkum Pasifik

Sistem pegunungan ini membujur arah utara selatan sisi barat dari Benua Amerika. Mulai dari Alaska hingga ke ujung selatan Benua Amerika. Jalur intinya di wilayah Amerika Serikat adalah Pegunungan Rocky yang letaknya agak ke dalam di sisi timur jalur pantai Barat di kawasan Samudra Pasifik. Rangkaian pegunungan yang terdapat di kawasan ini meliputi antara lain Pegunungan Cascade, dan Siera Nevada.

c) Dataran Rendah

Meliputi dataran rendah di sekitar danau-danau besar (Great Lakes) di kawasan perbatasan antara Kanada dan Amerika Serikat yang disebut central plain dan dataran rendah di bagian tenggara yang merupakan daerah aliran sungai-sungai besar utama, seperti Misissippi, dan Missouri.

d) Wilayah Plato Barat dan Basin (Cekungan)

Wilayah tersebut membentang dari utara ke selatan mulai dari perbatasan Amerika Serikat dan Kanada sampai batas Amerika Serikat dengan Meksiko. Ciri wilayah ini adalah sebuah dataran tinggi yang banyak tererosi oleh Sungai Snake dan Sungai Kolorado sehingga membentuk lembah-lembah yang dalam. Wilayah ini terdiri atas Plato Kolorado, Kolombia, Sungai Snake, dan Cekungan Great Salt Lake.

e) Wilayah Pegunungan Tua di Timur

Wilayah ini meliputi jalur pegunungan Appalachia yang berbatasan dengan wilayah Pantai Atlantik.
Baca Juga:

Secara Umum Keadaan Alam atau Fisiografi Amerika Serikat dan Kanada

Secara umum, bentang alam kawasan Amerika Utara sangat mendukung untuk dimanfaatkan manusia. Sebagian besar wilayah Kanada terdiri atas massa batuan beku tua yang telah terkikis oleh gletser yang sangat intensif. Hasil kikisannya tersebut membentuk danau-danau besar (The Great Lakes), yaitu Superior, Michigan, Huron, Ontario, Erie, yang saat ini terhubungkan dengan Laut Atlantik melalui sungai St.

Lawrence. Dataran pantai Atlantik cukup lebar jika dibandingkan dengan dataran pantai barat atau Pasifik dan merupakan wilayah yang mudah dicapai. Pada sisi timur - timur laut pada kawasan ini memiliki pantai turun dengan muara-muara sungai yang membentuk estuaria sehingga kondisi ini merupakan pendukung bagi tumbuhnya lokasi pelabuhan yang sangat baik dan dapat dilayari oleh kapal-kapal dari samudra hingga jauh ke daerah pedalaman.

Pegunungan Appalachia di sisi timur yang membujur arah utara selatan cukup menghambat bagi kelancaran transportasi dari timur ke barat. Namun, pegunungan ini menyimpan banyak deposit mineral batubara bermutu tinggi.

Dataran rendah sentral atau tengah dibentuk oleh sungai-sungai Ohio-Misissippi-Missouri yang saat ini menjadi jantung pertanian Benua Amerika. Wilayah ini tanahnya subur, pengairannya baik, dan umumnya relatif datar sehingga sesuai untuk perlatan mekanik. Di sebelah barat dataran ini terdapat dataran bergelombang meninggi yang disebut The Great Plain yang cukup subur sebagai lahan pertanian.

Selanjutnya, di sebelah baratnya lagi adalah Pegunungan Rocky yang membujur dari utara ke selatan dengan ketinggian mencapai 5.000 meter dpl yang sangat berpengaruh terhadap iklim di Amerika Utara. Di Kanada bagian barat, pegunungan ini membentuk rangkaian pegunungan pantai.

Sementara di Amerika Serikat dengan pantai dipisahkan oleh serangkaian plato dan pegunungan blok yang secara kolektif disebut dengan region basin dan range. Region basin dan plato merupakan kawasan beriklim arid (kering) pada kawasan ini terdapat Danau Garam Besar (Great Salt Lake), dan Central Valley California. Kondisi tersebut terjadi karena dipisahkan oleh rangkaian pegunungan termasuk pegunungan pantai di sebelah barat, seperti Siera Nevada, Cascade, California, Oregon, dan Washington.

Nach demikian penjelasan mengenai Keadaan Alam atau Fisiografi Amerika Serikat dan Kanada yang dapat kami bagikan pada kesempatan kali ini. Semoga penjelasan di atas dapat bermanfaat sebagai salah satu referensi bagi sahabat dalam mengenail lebih jauh negara maju Amerika Serikat dan Kanada.

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter