Penjelasan Konsep Jarak Sebagai Salah Satu Konsep Geografi

Konsep Jarak - Berikut ini Konsepgeografi.net akan sedikit berbagi penjelasan mengenai konsep jarak sebagai salah satu ruang lingkup dalam konsep dasar geografi. Setelah sebelumnya dijelaskan konsep geografi khusus konsep lokasi, nach sekarang penjelasan konsep jarak yang akan kami bagikan, dan tentunya khusus sahabat GEO di manapun sahabat berada saat ini. Untuk lebih jelasnya mengenai penjelasan dari konsep jarak sebagai salah satu konsep geografi, berikut ulasannya:
Konsep Jarak
Konsep Jarak
Baca juga:

Konsep Jarak

Konsep Jarak merupakan panjang antara sesuatu dengan sesuatu yang lainnya yang dapat diukur dengan dua cara, yaitu jarak geometrik dinyatakan dalam satuan panjang kilometer, dan jarak waktu yang diukur dengan satuan waktu (jarak tempuh).
Dalam kehidupan sosial ekonomi, jarak memiliki arti penting. Jika jarak dihubungkan dengan keuntungan yang diperoleh, manusia cenderung akan memperhitungkan jarak. Misalnya, antara Bandung dengan Jakarta jaraknya 140 km, dahulu jarak tempuh Bandung-Jakarta naik bus mencapai 5 jam. Sekarang dengan adanya jalan tol Cipularang dapat dijangkau hanya sekitar 3 jam saja dengan jenis kendaraan yang sama. Waktu tempuh tersebut akan berbeda jika orang tersebut mempergunakan jalan Sukabumi, atau Cianjur. Waktu tempuh Bandung-Jakarta akan berbeda pula jika menggunakan kereta api atau pesawat terbang.

Bahkan jika seseorang mempergunakan telepon untuk berhubungan dengan orang di Jakarta, rasanya sudah tidak punya waktu tempuh lagi. Semakin lengkap sarana dan prasarana komunikasi dan transportasi seolah-olah semakin dekat jarak antara dua tempat sehingga hubungan dan pengaruh (baik positif maupun negatif) akan semakin intensif.

Sebaliknya, walaupun dua tempat jarak absolutnya relatif dekat, tetapi jika transportasi dan komunikasinya tidak ada atau terbatas, akan semakin lama dan terbatas hubungan yang dapat dijalin. Sekarang dengan semakin majunya teknologi komunikasi dan transportasi di dunia, jarak bukan lagi menjadi masalah. Tempat-tempat di dunia terasa semakin dekat, menyatu, dan transparan, semua itu dikenal dengan era globalisasi.
     

Pembagian Konsep Jarak dalam Geografi

Sekali lagi disebutkan bahwa konsep Jarak merupakan jarak antar suatu tempat terbagi menjadi dua, yaitu:

1. Jarak Absolute
Jarak absolute (mutlak) yakni jarak yang bisa diukur dengan satuan ukuran
Contoh:
Jarak antara Indonesia ke Cina adalah 3129 Mil. Jarak ini telah memiliki standar mutlak dan tidak dapat diumpamakan.

2. Jarak Relative
Jarak Relative yakni jarak dikaitkan dengan faktor waktu, ekonomi, dan psikologis.
Contoh:
Jarak yang ditempuh antara Indonesia ke Cina  adalah 8 Jam. Namun ada yang mengatakan bahwa jarak yang ditempuh dari Indonesia ke Cina adalah 50 jam. 8 Jam ditempuh dengan pesawat terbang, dan 50 jam ditempuh dengan kapal laut. Jadi konsep jarak ini dinamakan konsep jarak relative.

Demikian penjelasan singkat tentang konsep jarak sebagai salah satu konsep geografi, semoga dapat memberikan manfaat bagi kita semua.

Pustaka:
[Wikipedia Indonesia]
[Walpaperhd99 Blogspot Indonesia]
[Google Images]
[Konsepgeografi.net]

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter