Teori Bintang Kembar Lengkap Dua Ilmuan Pencetusnya

Teori Bintang Kembar - Berbicara tentang teori bintang kembar tentunya tidak terlepas dari nama dua ilmuan terdahulu yang bernama Lyttleton dan Fred Hoyle. mereka berdua merupakan pencetus teori ini yang sampai saat ini masih dikenal dengan teori bintang kembar mereka.
Teori Bintang Kembar
Gambaran Teori Bintang Kembar
Baca Juga:

Teori Bintang Kembar

Untuk lebih jelasnya mengenai teori ini dan masing-masing hipotesis mereka tentang bagaimana terbentuknya tata surya termasuk di dalamnya planet-planet yang mengitari matahari, berikut penjelasannya:


1) Teori Lyttleton (1930)

Teori Bintang Kembar
Gambaran Teori Bintang Kembar oleh Lyttleton
Teori bintang kembar pertama kali dikemukakan oleh seorang astronom ber kebangsaan Inggris yang bernama Lyttleton (1930). Teori ini mengemukakan bahwa awalnya matahari merupakan bintang kembar yang satu dengan lainnya saling mengelilingi. Pada suatu masa, melintas bintang lain dan menabrak salah satu bintang kembar tersebut kemudian menghancurkannya menjadi bagian-bagian kecil yang terus berputar dan mendingin menjadi planet-planet yang mengelilingi bintang tetap bertahan, yaitu matahari.

2) Teori Bintang Kembar Fred Hoyle (1956)

Selain teori dari Lyttleton pada tahun 1930 silam, juga terdapat hipotesis pada tahun 1956 dari seorang tokoh bernama Fred Hoyle yang mengemukakan sebuah hipotesa bahwa dahulunya Tata Surya kita berupa dua bintang yang hampir sama ukurannya dan berdekatan yang salah satunya meledak meninggalkan serpihan-serpihan kecil. Serpihan itu terperangkap oleh gravitasi bintang yang tidak meledak dan mulai mengelilinginya. Adapun alasan dari pendapat ini karena setelah penelitian terhadap tata surya lain ternyata ada tata surya yang memiliki bintang kembar, oleh karena itulah Fred Hoyle beranggapan bahwa tata surya kita terbentuk dari proses meladaknya bintang kembar.

Menurut Fred Hoyle, Proses terjadinya bintang kembar adalah sebagai berikut:
Teori Bintang Kembar
Gambaran Teori Bintang Kembar oleh Fred Hoyle
  • Pada awalnya di tata surya kita ada dua buah bintang kembar yaitu matahari dan kembarannya. Kembaran matahari ini tidak stabil kemudian lama kelamaan kembaran dari matahari tersebut mengalami ledakan ledakan kecil hinga pada suatu ketika kemudian kembaran dari matahari tersebut benar-benar meledak menjadi serpihan-serpihan kecil dan debu-debu.
  • Serpihan dan debu tersebut kemudian terperangkap oleh gaya grafitasi matahari, namun tidak tersedot masuk. Kemudian debu-debu yang terbentuk dan berkumpul dan mempilin sehingga membentuk planet dan serpihan-serpihan batuan membentuk jalur asteroid yang memisahkan planet dalam dan luar.
Nach itulah penjelasan singkat mengenai Teori Bintang Kembar dari ilmuan Lyttleton dan Fred Hoyle. Dan semoga penjelasan di atas dapat menjadi salah satu referensi yang baik bagi kita semua serta berberkah. - Konsep Geografi

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter