Pengertian Transmigrasi, Macam-macam dan Dampak Transmigrasi

Pengertian Transmigrasi – Mungkin sahabat tidak asing dengan kata transmigran, terlebih jika daerah sahabat atau di dekat daerah sahabat ada perkampungan transmigran. Mungkin terkadang muncul di benak sahabat dan bertanya-tanya siapa sebenarnya mereka dan kenapa dikatakan transmigran, serta apa tujuan dan dampak yang dapat ditimbulkan dengan adanya mereka. Nach untuk memahaminya lebih jauh, berikut ini kami akan berbagi pengertian transmigrasi, tujuan, macam-macam transmigrasi serta dampak positif dan negatif dari transmigrasi.
Pengertian Transmigrasi
Pengertian Transmigrasi, Tujuan, Macam-macam serta Dampak Positif dan Negatif Transmigrasi

Pengertian Transmigrasi

Pengertian transmigrasi adalah perpindahkan penduduk dari suatu daerah yang padat penduduk (kota) ke daerah lain (desa) di dalam wilayah Indonesia.
Penduduk yang melakukan transmigrasi disebut transmigran.

Tujuan Adanya Transmigrasi

Transmigrasi juga dikatakan sebagai suatu program yang dibuat oleh pemerintah Indonesia untuk memindahkan penduduk. Berikut beberapa tujuan dari transmigrasi sebagai program dari Pemerintah:
  • Bertujuan memindahkan jutaan orang Indonesia dari pulau Jawa, Bali, dan Madura yang padat ke pulau-pulau luar yang penduduknya sedikit demi menciptakan kepadatan penduduk yang merata.
  • Untuk mengurangi kemiskinan dan kepadatan penduduk di pulau Jawa, memberikan kesempatan bagi orang yang mau bekerja, dan memenuhi kebutuhan tenaga kerja untuk mengolah sumber daya di pulau-pulau lain seperti Papua, Kalimantan, Sumatra, dan Sulawesi.
  • Transmigrasi juga akan menguntungkan Indonesia dengan meningkatkan pemanfaatan sumber daya alam di pulau-pulau yang kurang padat penduduk.
  • Untuk menyatukan seluruh bangsa dengan menciptakan identitas nasional Indonesia yang tunggal yang menggantikan identitas daerah.
Sehingga seiring dengan perubahan lingkungan strategis di Indonesia, transmigrasi dilaksanakan dengan paradigma baru berikut ini:
  1. Mendukung ketahanan pangan dan penyediaan papan.
  2. Mendukung kebijakan energi alternatif (bio-fuel).
  3. Mendukung pemerataan investasi ke seluruh wilayah Indonesia.
  4. Mendukung ketahanan nasional pulau terluar dan wilayah perbatasan.
  5. Menyumbang bagi penyelesaian masalah pengangguran dan kemiskinan.

Macam-macam Transmigrasi Penduduk

Berikut ini beberapa macam dari transmigrasi penduduk:

1. Transmigrasi Umum
Transmigrasi ini merupakan jenis transmigrasi yang berlaku pada orang-orang yang akan melakukan perpindahan ke suatu daerah atau tempat di wilayah tertentu yang semua biaya ditanggung oleh pemerintah. Para transmigran akan diangkut dalam rombongan ke tempat atau daerah yang baru.

2. Transmigrasi Khusus
Transmigrasi khusus adalah transmigrasi yang diselenggarakan secara khusus karena adanya pembangunan atau pelaksanaan proyek tertentu.

3. Transmigrasi Keluarga
Transmigrasi keluarga merupakan suatu kegiatan perpindahan yang dilakukan oleh para transmigran yang semua biaya ditanggung oleh keluarga para transmigran tersebut yang berada didaerah tujuannya.

4. Transmigrasi Spontan
Jenis transmigrasi ini merupakan bentuk transmigrasi yang dilakukan oleh oang-orang yang ingin menjadi transmigran atas kemauan mereka sendiri dan dengan biaya sendiri.

5. Transmigrasi Sektoral
Transmigrasi sektoral adalah jenis transmigrasi yang dilakukan oleh para transmigran yang biaya terkait dengan berbagai keperluan perpindahan ditanggung bersama-sama oleh daerah yang dituju dan daerah asalnya.

6. Transmigrasi Swakarsa
Transmigrasi ini dilakukan dengan sistem yang diselenggarakan dan segala sesuatunya diatur oleh Departemen Transmigrasi dan kemudian para transmigran akan diberikan tanah untuk dikelola.

7. Transmigrasi Ruralisasi
Transmigrasi jenis ini merupakan transmigrasi yang terjadi karena disebabkan oleh kembalinya para pelaku urbanisasi ke tempat atau daerah asal mereka.

8. Transmigrasi Forensen
Transmigrasi ini merupakan metode transmigrasi yang dilakukan oleh mereka yang tinggal didesa yang kemudian bekerja di kota atau bekerja pulang dan pergi.

9. Transmigrasi Bekas Pejuang
Transmigran pada jenis transmigrasi ini adalah para bekas pejuang yang seperti mantan anggota ABRI yang pada saat tertentu sudah menjabat sebagai pensiun.

10. Transmigrasi Bedol Desa
Transmigrasi bedol desa merupakan salah satu metode transmigrasi yang melibatkan seluruh penduduk serta aparaturnya dari satu atau lebih desa dikarenakan adanya rencana proyek tertentu oleh pemerintah.

11. Transmigrasi Lokal
Pada metode transmigrasi lokal, para transmigran melakukan perpindahan dari satu provinsi ke provinsi lainnya yang berbeda. Untuk masalah pembiayaan, para transmigran lokal mendapat tanggungan biaya dari Departemen Transmigrasi.

Dampak Positif dan Negatif Transmigrasi

Dampak Positif Transmigrasi:
  • Penduduk yang ditransmigrasikan kehidupannya dapat lebih baik secara ekonomi.
  • Meningkatnya produksi, terutama di bidang pertanian.
  • Dapat mempercepat pemerataan penduduk.
  • Mengurangi jumlah pengangguran, terutama bagi mereka yang ditransmigrasikan.
  • Transmigrasi dapat menyebarkan kepadatan penduduk yang awalnya memadat di satu daerah saja.
  • Lahan-lahan kosong atau yang semula tidak terolah oleh warga desa akhirnya dapat dialihkan dengan keahlian orang-orang kota untuk bisa maju seperti yang ada di kota.
Dampak Negatif Transmigrasi:
  • Transmigrasi memerlukan dana yang cukup besar sehingga banyak menghabiskan keuangan negara.
  • Terkadang mendorong kecemburuan sosial antara masyarakat setempat dan para transmigran.
  • Adanya transmigran yang kurang sungguh-sungguh dapat menyebabkan kegagalan dalam pelaksanaan transmigrasi sehingga dana yang dikeluarkan menjadi sia-sia.
  • Beberapa orang dari transmigran tidak betah di tempat tinggal yang baru dan kembali lagi ke tempat asalnya. Hal ini menyebabkan citra transmigrasi menjadi kurang baik.
  • Perpindahan masyarakat kota membawa serta budaya dan kebiasaan kota yang serba instan dan kurang sosialisasi, maka perlahan budaya asli dari suatu daerah akan mengalami pencampuran dengan budaya kota.
  • Penduduk desa bisa saja dieksploitasi oleh warga kota untuk memenuhi kepentingannya sendiri, karena kemungkinan ada masyarakat perkotaan memiliki rencana yang lebih cerdik dan tidak peduli dengan sekitar.
Baca juga: Pengertian Repatriasi / Remigrasi, Tujuan, Dampak Positif Negatifnya.
Nach demikian ulasan dari KonsepGeografi.net mengenai pengertian transmigrasi, tujuan transmigrasi, macam-macam transmigrasi serta dampak positif dan negatif dari transmigrasi yang dapat kami bagikan kali ini. Semoga bermanfaat.

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter

0 Response to "Pengertian Transmigrasi, Macam-macam dan Dampak Transmigrasi"

Posting Komentar

> Bagikan jika bermanfaat.
> Mari belajar bersama, jangan sungkan untuk berkomentar.