Pengertian Repatriasi / Remigrasi, Tujuan, Dampak Positif Negatifnya

Pengertian Remigrasi atau Repatriasi – Dalam cakupan migrasi dikenal istilah remigrasi atau repatriasi (kata repatriasi adalah gabungan dari awalan “re-“ yang berarti kembali dan “patria” yang berarti tanah asal). Dalam kegiatan remigrasi atau repatriasi warga negara tentunya dilatarbelakangi oleh beberapa tujuan yang tentunya berbeda-beda dari setiap warga negara. Adanya repatriasi atau remigrasi ini juga menimbulkan dampak bagi negara dan bangsa baik dampak yang bersifat positif maupun dampak yang bersifat negatif.
Pengertian Repatriasi
Pengertian Remigrasi atau Repatriasi
Baca Juga: Pengertian Imigrasi Penduduk dan Faktor Pendorong Imigrasi.

Pengertian Remigrasi atau Repatriasi

Pengertian repatriasi atau remigrasi adalah kembalinya suatu warga negara dari negara asing yang pernah menjadi tempat tinggal menuju tanah asal kewarganegaraannya.

Tujuan Remigrasi atau Repatriasi

Tujuan seseorang melakukan remigrasi atau repatriasi ini dapat bermacam-macam sesuai dengan kepentingan masing-masing orang atau setiap warga negara. Beberapa tujuan repatriasi atau remigrasi yang biasanya dijadikan alasan antara lain:

1) Tujuan Keluarga
Mengurusi keluarga juga menjadi tujuan remigrasi yang cukup kuat bagi seseorang untuk kembali lagi tinggal di negara asalnya. Misalnya orang tua yang sudah jompo dan harus dirawat oleh anaknya memaksa seseorang untuk kembali lagi ke negara asalnya.

2) Tujuan Pekerjaan
Pekerjaan juga menjadi tujuan atau alasan yang cukup kuat untuk kembali lagi ke tempat asalnya. Misalnya saja kontrak kerja yang sudah habis dan tidak diperbaharui lagi, menjadikan seseorang menginginkan kembali ke tempat asalnya. Selain itu keinginan untuk membuka usaha di tanah air juga bisa menjadi alasan dilakukannya remigrasi.

3) Tujuan Panggilan Negara
Panggilan negara adalah salah satu alasan yang masuk akal bagi orang- orang yang memang bekerja untuk negara atau bekerja di lingkungan pemerintahan.

4) Tujuan Menghabiskan Sisa Hidup di Tanah Kelahiran
Salah satu alasan seseorang kembali ke tanah air setelah bertempat tinggal di negara lain misalnya karena sudah tua. Orang yang sudah tua maka dia tidak lagi produktif dalam bekerja atau sudah melalui masa pensiun. Biasanya orang yang sudah tua ingin menghabiskan sisa hidupnya di tanah kelahiran atau kampung halamannya bersama dengan sanak saudara dan kerabat yang pasti banyak berada di negara asalnya.

Biasanya juga orang yang sudah tua memiliki pola pikir yang tak biasa dan cenderung berjaga-jaga. Salah satunya adalah berjaga- jaga apabila dirinya sewaktu-waktu meninggal dunia. Alasan ingin dimakamkan di tanah kelahiran menjadi salah satu tujuan seseorang kembali lagi ke negara asalnya.

5) Tujuan Karena Adanya Kematian
Kematian seseorang bisa menjadi alasan bagi seseorang untuk melakukan remigrasi. Misalnya salah satu anggota keluarga meninggal dan orang yang berada di luar negeri terpaksa kembali ke tanah air untuk merawat anggota keluarga lainnya, atau meneruskan usaha, dan lain sebagainya.

Dampak Remigrasi atau Repatriasi

Selain adanya tujuan seorang warga negara beremigrasi atau berepatriasi, hal ini juga dapat menimbulkan dampak tersendiri. Dampak- dampak dari remigrasi ini bisa berupa dampak yang bersifat positif maupun dampak yang bersifat negatif. Berikut ini beberapa dampak positif dan dampak negatif dari Remigrasi atau Repatriasi warga negara:

Dampak Positif:
  • Bertambahnya tenaga kerja yang siap bekerja di dalam negeri.
  • Bertambahnya tenaga profesional yang siap berkarya untuk negeri.
  • Bertambahnya pengaruh dari kemajuan atau kemodernan zaman.
  • Bertambahnya pendapatan pajak bagi negara.
  • Masuknya budaya dari negara lain yang memungkinkan terjadinya akulturasi budaya.
Dampak Negatif:
  • Masuknya sifat-sifat individualisme, hedonisme, dan konsumerisme, terutama dari orang-orang yang datang dari negara-negara maju.
  • Masuknya pengaruh obat-obatan atau hal-hal lainnya yang bersifat buruk yang mana sebelumnya belum ada di negara asal.
  • Menambah kepadatan penduduk karena penduduk negara asal akan bertambah.
  • Masuknya budaya-budaya yang tidak sesuai dengan kepribadian negara asalnya.
Nach demikian ulasan mengenai pengertian repatriasi atau remigrasi serta tujuan dan dampak dari remigrasi atau repatriasi penduduk/warga negara. Semoga bermanfaat. # Konsep Geografi.

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter

0 Response to "Pengertian Repatriasi / Remigrasi, Tujuan, Dampak Positif Negatifnya"

Posting Komentar

> Bagikan jika bermanfaat.
> Mari belajar bersama, jangan sungkan untuk berkomentar.