Pengertian Tanah Longsor, Penyebab Akibatnya

Pengertian Tanah Longsor – Dalam degradasi atau penurunan kualitas lingkungan hidup, perlu memahami apa sebenarnya pengertian tanah longsor. Iya, salah satu akibat dari penurunan atau degradasi lingkungan hidup yakni terjadinya tanah longsor yang dapat merugikan baik secara fisik atau material maupun biasanya bisa terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.
Pengertian Tanah Longsor
Pengertian Tanah Longsor

Pengertian Tanah Longsor

Longsor atau sering disebut gerakan tanah. Jadi pengertian tanah longsor adalah suatu peristiwa geologi yang terjadi karena pergerakan masa batuan atau tanah dengan berbagai tipe dan jenis seperti jatuhnya bebatuan atau gumpalan besar tanah.
Secara umum kejadian longsor disebabkan oleh dua faktor yaitu faktor pendorong dan faktor pemicu. Faktor pendorong adalah faktor-faktor yang memengaruhi kondisi material sendiri, sedangkan faktor pemicu adalah faktor yang menyebabkan bergeraknya material tersebut.

Penyebab-penyebab Terjadinya Tanah Longsor

Meskipun penyebab utama kejadian pergerkan pergerakan masa batuan atau tanah adalah gravitasi yang memengaruhi suatu lereng yang curam, namun ada pula faktor-faktor lainnya yang turut berpengaruh. Berikut beberapa faktor penyebab terjadinya tanah longsor:
  1. Erosi yang disebabkan aliran air permukaan atau air hujan, sungai-sungai atau gelombang laut yang menggerus kaki lereng-lereng bertambah curam.
  2. Lereng dari bebatuan dan tanah diperlemah melalui saturasi yang diakibatkan hujan lebat.
  3. Gempa bumi menyebabkan getaran, tekanan pada partikel-partikel mineral dan bidang lemah pada Massa batuan dan tanah yang mengakibatkan longsornya lereng-lereng tersebut.
  4. Gunung berapi menciptakan simpanan debu yang lengang, hujan lebat dan aliran debu-debu.
  5. Getaran dari mesin, lalu lintas, penggunaan bahan-bahan peledak, dan bahkan petir.
  6. berat yang terlalu berlebihan, misalnya dari berkumpulnya hujan atau salju.

Akibat Tanah Longsor

Tanah longsor merupakan pergerakan massa tanah dan bebatuan ke daerah bawah yang disebabkan oleh peningkatan kandungan air dalam tanah, hilangnya perekat agregat tanah, pertambahan beban tanah, erosi air, daya gravitasi dan perubahan kemiringan lereng oleh kegiatan manusia. Bencana tanah longsor biasanya terjadi bersamaan dengan banjir.
Pengertian Tanah Longsor
Akibat Tanah Longsor
Hampir setiap tahun bencana tanah longsor terjadi di Indonesia, terutama di wilayah perbukitan yang memiliki lereng curam dan wilayah yang mengalami penggundulan lahan. Sebagai contoh bencana tanah longsor dan banjir di Trenggalek, Jawa Timur yang terjadi pada tanggal 20 April 2006. Penyebab bencana ini adalah penggundulan lahan hutan seluas 22.500 hektare oleh kegiatan penebangan hutan sepanjang tahun 1999–2005. Kerusakan fisik dan korban jiwa terenggut dengan bencana ini.

a. Kerusakan Fisik

Rumah, bangunan, jalan, dan semua yang berada di jalur tanah longsor akan rusak. Reruntuhan tanah, batuan, dan juga air menimpa daerah di bawahnya dan menutup jalan, jalur komunikasi, dan saluran air. Pengaruh tidak langsung dari tanah longsor adalah penurunan produktivitas lahan, nilai bangunan, dan infrastruktur.

b. Korban Jiwa

Selain kerusakan fisik, tanah longsor mengakibatkan kematian. Reruntuhan puing-puing dan massa tanah serta aliran lumpur dapat menimpa penduduk dan mengakibatkan kematian.

Perlu sahabat ketahui bahwa dari data BPBD beberapa tahun lalu, beberapa wilayah wilayah yang sering terpapar bencana tanah longsor adalah Wilayah di Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur. Provinsi ini yang paling banyak tertimpa bencana tanah longsor.

Daerah yang berulang mengalami bencana tanah longsor di antaranya terletak di wilayah Kabupaten Bogor, Sukabumi, Cianjur, Garut, Bandung Barat, Tasikmalaya, Purbalingga, Banjarnegara, Karanganyar, Wonosobo, Temanggung, Cilacap, Grobogan, Pemalang, Brebes, Pekalongan, Pacitan, Ponorogo, Malang, Jember.

Itulah penjelasan mengenai Pengertian Tanah Longsor dalam cakupan materi Geografi. Dan semoga penjelasan tersebut dapat dengan mudah untuk dimengerti dan dipahami. Serta semoga berkah dan bermanfaat.

[Pengertian Tanah Longsor dalam Konsep Geografi]

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter