Pengertian Demografi Secara Umum dan Menurut Ahli

Pengertian Demografi - Untuk memahami pengertian demografi atau kependudukan, terlebih dahulu sahabat memahami makna atau arti dari kata demografi itu sendiri. Demografi berasal dari bahasa yunani yang berarti Demos adalah rakyat atau penduduk, dan Grafien adalah menulis; Jadi demografi menurut kata asalnya berarti tulisan-tulisan tentang penduduk. Dalam arti asal kata tersebut pastinya sahabat telah memiliki gambaran apa yang dimaksud dengan demografi.
Pengertian Demografi
Pengertian Demografi Secara Umum dan Menurut Ahli

Pengertian Demografi

Untuk kesempatan kali ini kami akan berbagi pengertian demografi baik secara umum maupun menurut Para ahli atau ilmuan dunia serta studi-studi yang ada. Berikut pengertiannya:

Pengertian Demografi Secara Umum

Demografi adalah ilmu yang mempelajari secara yang statistik dan matematik tentang besar, komposisi, dan distribusi penduduk dan perubahan-perubahannya sepanjang masa melalaui bekerjanya lima komponen demografi yaitu kelahiran, kematian, perkawinan, migrasi dan mobilitas sosial. 

Pengertian Demografi Menurut Para Ahli atau Ilmuan

1. Menurut Boque
Demografi adalah ilmu statistik dan matematika yang mempelajari ukuran, komposisi dan persebaran penduduk serta perubahannya pada suatu kurun waktu melalui proses fertilitas, mortalitas, perkawinan, migrasi serta perubahan penduduk.
2. Menurut Hawthorn
Demografi adalah studi tentang interaksi tingkat perkembangan dari 3 komponen (kelahiran, kematian dan migrasi) dan studi tentang dampak dari perubahan komposisi dan perkembangan dari penduduk.
3. Menurut Philip M. Hauser dan Duddley Duncan
Demografi adalah  ilmu yang mempelajari jumlah, sebaran teritorial, dan komposisi penduduk; serta perubahan penduduk karena fertilitas, mortalitas, migrasi, dan mobilitas social.
4. Menurut George W Barclay
Demografi adalah ilmu yang memberikan gambaran mengenai penduduk dalam statistik, mempelajari tingkah laku keseluruhan bukan perorangan.

Pengertian Demografi Menurut Kamus United Nations Multilingual Demographic

Demografi merupakan studi ilmiah tentang kependudukan, utamanya yang berkaitan dengan jumlah/size penduduk, struktur serta perkembangannya.

Sebagai tambahan bahwa dalam demografi dikenal istilah pure demografi (demografi murni) atau disebut juga demografi formal menghasilkan teknik-teknik untuk menghitung data kependudukan. Dengan teknik tersebut dapat diperoleh perkiraan keadaan penduduk dimasa yang akan datang atau dimasa lampau, dimana bila seseorang mengetahui seberapa banyak perkembangan di suatu daerah atau negara. Hal ini dapat dilihat dari perkembangan penduduk dari tahun-tahun sebelumnya, dan ada juga demografi formal yang hanya mempersoalkan hubungan antara variabel dependen.

Studi kependudukan atau demografi dapat pula dilihat sebagai penelitian unit skala besar dan sasaran utama makro demografi adalah benua, bangsa dan kesatuan-kesatuan wilayah, sedangkan mikro demografi merupakan unit penelitian kecil yang umumnya bersifat internal.

Dalam demografi terdapat dua macam metode pengumpulan data yaitu metode langsung dengan metode tidak langsung.
  1. Metode langsung dimana data berasal dari statistik yang mencatat seluruh kelahiran dan kematian, dan perubahan status secara sah seperti perkawinan, perceraian, dan migrasi.
  2. Metode tidak langsung dimana digunakan saat data utuh tidak tersedia, misalnya pada negara berkembang dan demografi masa lampau.

Demikian ulasan seputar pengertian Demografi atau kependudukan baik secara umum maupun menurut para ahli atau ilmuan. Semoga dapat memberikan manfaat.

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter

0 Response to "Pengertian Demografi Secara Umum dan Menurut Ahli"

Posting Komentar

> Bagikan jika bermanfaat.
> Mari belajar bersama, jangan sungkan untuk berkomentar.