Pengertian Penginderaan Jauh (Ahli & Kesimpulan)

Pengertian Penginderaan Jauh - Perkembangan teknologi dirgantara telah membuka pintu baru bagi ilmu penginderaan jauh. Melalui penginderaan jauh kita dapat mengumpulkan berbagai varian informasi dari permukaan Bumi. Informasi-informasi ini menunjang berbagai bidang kehidupan. Para ahli geologi menggunakannya untuk mencari sumber-sumber mineral baru. Para ahli meteorologi menggunakannya untuk memahami perilaku cuaca. Sedangkan, kita dalam ilmu geografi menggunakannya untuk menganalisis dan memahami karakteristik keruangan di permukaan Bumi. Pada awal perkembangannya, penginderaan jauh hanya berfungsi sebagai teknik atau cara untuk mendapatkan data dari permukaan bumi yang dilakukan tanpa harus kontak dengan permukaan bumi. Dalam perkembangan selanjutnya, penginderaan jauh sering diposisikan sebagai suatu ilmu.
Pengertian Penginderaan Jauh
Penginderaan Jauh

Pengertian Penginderaan Jauh

Ada beberapa istilah yang sering digunakan untuk penginderaan jauh. Istilah penginderaan jauh saat ini bukan lagi merupakan hal asing. Jika Anda sering memerhatikan berita baik dari televisi maupun media cetak, kata penginderaan jauh sering muncul. Di negara Indonesia sering disingkat dengan PJ dan Indraja. Di beberapa negara lain dikenal dengan sebutan Remote Sensing (Inggris), Teledetection (Prancis), Fernerkundung (Jerman), Sensoriamento Remota (Portugis), Distantsionaya (Rusia), dan Perception Remota (Spanyol).

Ada beberapa pengertian penginderaan jauh menurut para ahli:
  1. Pengideraan jauh (remote sensing) adalah ilmu dan seni untuk memperoleh informasi tentang suatu objek, daerah atau fenomena dengan jalan analisis data yang diperoleh melalui alat perekam (sensor) yang menggunakan gelombang elektromagnetik sebagai media perantaranya tanpa menyentuh objek tersebut. (Menurut Lillesand dan Kiefer, 1979).
  2. Penginderaan jauh yaitu berbagai teknik yang dikembangkan untuk perolehan dan analisis informasi tentang bumi. Informasi tersebut khusus berbentuk radiasi elektromagnetik yang dipantulkan atau dipancarkan dari permukaan bumi. (Menurut Lindgren, 1985).
  3. Penginderaan jauh (remote sensing) adalah penggunaan sensor radiasi elektromagnetik untuk merekam gambar lingkungan bumi yang dapat diinterpretasikan sehingga menghasilkan informasi yang berguna. (Menurut Curran, 1985).
  4. Penginderaan jauh merupakan pengukuran atau perolehan informasi dari beberapa sifat objek atau fenomena, dengan menggunakan alat perekam yang secara fisik tidak terjadi kontak langsung dengan objek atau fenomena yang dikaji. (Menurut American Society of Photogrammetry, 1983).
  5. Penginderaan jauh merupakan upaya untuk memperoleh, menunjukkan (mengidentifikasi) dan menganalisis objek dengan sensor pada posisi pengamatan daerah kajian. (Menurut Avery, 1985).

Kesimpulan Pengertian Penginderaan Jauh

Berdasarkan beberapa pengertian/definisi tersebut dapat disimpulkan bahwa:
Penginderaan jauh adalah ilmu dan seni untuk mendapat informasi permukaan bumi dengan cara menganalisis gambaran permukaan bumi tanpa kontak langsung dengan objek permukaan bumi tersebut.
Itulah beberapa Pengertian Penginderaan Jauh yang dapat kami bagikan kali ini. Salah satu data yang dapat diperoleh dalam penginderaan jauh adanya gambaran objek, daerah, dan gejala di permukaan bumi dengan wujud dan letak objek yang mirip ujud dan letak di permukaan bumi, relatif lengkap, meliputi daerah yang luas, serta bersifat permanen. Namun tetap penginderaan jauh juga memiliki kelemahan, diantaranya orang yang menggunakan harus memiliki keahlian khusus, juga peralatan yang digunakan mahal. Demikian dan semoga bermanfaat.

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter

0 Response to "Pengertian Penginderaan Jauh (Ahli & Kesimpulan)"

Posting Komentar

> Bagikan jika bermanfaat.
> Mari belajar bersama, jangan sungkan untuk berkomentar.