Cara Membaca Peta dan Manfaatnya

Cara Membaca Peta - Sahabat pasti sepakat bahwa peta itu akan memiliki makna jika dapat memberikan informasi yang dibutuhkan. Persyaratan utamanya adalah harus memiliki kemampuan untuk membaca peta. Dalam membaca peta, Sahabat harus memahami dengan baik semua simbol atau informasi pada peta. Jika Sahabat dapat membaca peta dengan baik akan memiliki gambaran lengkap mengenai keadaan wilayah pada peta. Meskipun mungkin belum pernah melihat atau mengenal wilayah tersebut secara langsung.
Cara Membaca Peta
Cara Membaca Peta

Cara Membaca Peta

Ada beberapa hal yang perlu diketahui dalam membaca peta, antara lain sebagai berikut:
  1. Isi peta dan tempat yang digambarkan.
  2. Posisi lokasi daerah yang digambar akan diketahui melalui koordinat garis lintang dan garis bujur.
  3. Arah dapat diketahui melalui tanda orientasi.
  4. Jarak dan luas sebenarnya diketahui melalui skala peta.
  5. Ketinggian tempat diketahui melalui titik triangulasi atau ketinggian dan melalui garis kontur.
  6. Kemiringan lereng diketahui melalui interval kontur.
  7. Sumber daya alam dan sumber daya budaya diketahui melalui legenda.
  8. Fenomena alam dan budaya, misalnya relief, pegunungan atau gunung, lembah atau sungai, jaringan lalu lintas, persebaran kota, dan perumahan diketahui melalui simbol dan keterangan peta.
Fenomena alam atau budaya yang telah Sahabat amati, selanjutnya harus dapat ditafsirkan dan asosiasikan keterkaitannya. Misalnya, sebagai berikut:
  • Peta yang banyak menampilkan pegunungan atau perbukitan akan dicirikan dengan ketampakan garis kontur yang rapat sampai sangat rapat. Ketampakan garis kontur yang rapat menunjukkan kemiringan lereng yang terjal–sangat curam (>45°). Selain itu, lembah-lembah di lereng-lereng biasanya dalam yang diakibatkan pengikisan air hujan dan sangat mudah ditemukan sumber air di lembahnya. Pada umumnya fenomena pegunungan atau perbukitan ditumbuhi oleh kategori hutan rapat sehingga sangat memungkinkan untuk terjadinya air larian di bagian lembahnya.
Cara Membaca Peta
  • Permukiman dengan pola menyebar dapat ditunjukkan oleh ketam pakan garis kontur yang jarang.

Manfaat Membaca Peta

Begitu banyak manfaat yang dapat Sahabat peroleh dengan membaca peta, antara lain sebagai berikut:
  1. Mengetahui jarak lurus antara dua buah tempat di permukaan Bumi hanya dengan menggunakan penggaris, kemudian hasilnya dikalikan dengan penyebut skala peta.
  2. Pengetahuan kondisi alami suatu wilayah tanpa Sahabat mengunjungi tempat yang bersangkutan. Misalnya, masyarakat pedalaman yang tinggal di hutan Kalimantan rata-rata terisolasi dari daerah lainnya. Interprestasinya, yaitu daerah tersebut berada di wilayah pegunungan sehingga menyusahkan pemantauannya melalui sarana transportasi.
  3. Menginterpretasi bentuk suatu wilayah dengan menggunakan bantuan garis kontur.
  4. Penyebaran lokasi pemukiman dapat dicirikan dari ketampakan fisik pada peta. Dari hasil ketampakan itulah, Sahabat dapat menginterpretasi keadaan lahannya.
Sahabat dapat mencoba dan melatih/melakukannya sendiri. Contoh aplikasi tersebut hanya terdiri atas beberapa subjek saja dengan analisis singkat tersebut tentunya. Sahabat hanya harus terus berlatih untuk mempelajarinya.

Demikian penjelasan singkat mengenai cara membaca Peta. Untuk dapat membaca peta dengan lebih mahir lagi, sahabat harus memahami fungsi dari masing-masing unsur-unsur peta. Karena dalam sebuah peta yang dibuat oleh kartografer sangat beragam, namun unsur dasar dari sebuah peta selalu ada agar seseorang yang hendak membaca peta dapat dengan mudah mengerti apa yang disampaikan dalam sebuah peta itu sendiri. Semoga bermanfaat.

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter