Persebaran Hewan (Fauna) di Muka Bumi

Persebaran Hewan (Fauna) di Muka Bumi - Setiap jenis makhluk hidup mempunyai tempat masing-masing di biosfer untuk tetap hidup sesuai dengan caranya masing-masing. Tempat hidup itu disebut habitat, yaitu tempat hidup suatu organisme. Tempat hidup dengan unsur-unsurnya beserta makhluk hidup yang tinggal di suatu kawasan secara keseluruhan akan membentuk sistem kehidupan yang disebut ekosistem. Sistem kehidupan di biosfer yang sebesar bumi secara umum dibagi menjadi ekosistem daratan (terrestrial ecosystem), ekosistem laut (marine ecosystem), dan ekosistem air tawar (fresh water ecosystem).
Persebaran Hewan (Fauna) di Muka Bumi
Komodo - Persebaran Hewan (Fauna) di Muka Bumi

Persebaran Hewan (Fauna) di Muka Bumi

Persebaran hewan atau fauna yang ada di muka bumi sendiri secara umum dikelompokkan menjadi dua yaitu fauna atau hewan yang tersebar di daratan dan juga hewan yang tersebar di perairan. Untuk lebih jelasnya mengenai persebaran hewan (Fauna) tersebut, berikut penjelasannya diserati contohnya:

1. Persebaran Hewan (Fauna) di Daratan Bumi

  • Fauna di Padang Rumput
Padang rumput merupakan habitat dari berbagai jenis binatang, karena padang rumput menyediakan segala yang dibutuhkan oleh hewan-hewan pemakan rumput (herbivora). Jenis hewan yang hidup di padang rumput antara lain kuda, zebra, bison, dan kanguru (yang hidup di padang rumput Australia). Selain hewan herbivora, di daerah ini juga terdapat hewan predator seperti singa, harimau, serigala, dan binatang karnivora lainnya.

  • Fauna di Daerah Gurun
Gurun identik dengan daerah kering, sehingga binatang yang berada di daerah ini biasanya mampu beradaptasi dan bertahan hidup dalam kondisi cuaca yang panas dan kering. Binatang yang hidup di daerah kering dicirikan dengan pencarian mangsa pada pagi hari atau malam hari dan hidupnya di lubang-lubang untuk melindungi diri dari sengatan sinar matahari pada siang hari, dan cuaca dingin pada malam hari. Binatang yang hidup di gurun biasanya berukuran kecil, seperti kadal, ular, dan tikus. Binatang yang berukuran besar biasanya jarang ditemui di daerah ini, karena adaptasinya yang sulit. Contoh, binatang besar yang mampu beradaptasi dan bertahan hidup di daerah gurun adalah unta dan kuda.

  • Fauna di Daerah Tundra
Tundra merupakan daerah yang mempunyai iklim kutub, oleh karena itu daerah ini merupakan daerah dingin (beku). Fauna di daerah tundra dicirikan mempunyai bulu-bulu yang tebal, yang berfungsi sebagai pelindung dari cuaca dingin di daerah tersebut. Fauna yang hidup di daerah tundra antara lain pendeer dan muskox merupakan jenis hewan herbivora (pemakan jenis lumut). Jenis hewan mamalia yang mampu bertahan di daerah tundra antara lain beruang kutub, serigala kutub, dan kelinci kutub. Daerah tundra yang beriklim kutub yang dingin memiliki jenis fauna lebih sedikit dibandingkan daerah gurun.

  • Fauna di Hutan Tropik
Fauna yang hidup di hutan tropik jenisnya sangat beragam antara lain kera, berbagai jenis burung, hariamau, gajah, serangga, binatang melata, dan berbagai jenis hewan vertebrata dan invertebrata lainnya.

  • Fauna di Daerah Taiga
Jenis fauna yang ada di daerah taiga didominasi oleh bermacam-macam burung yang bermigrasi ke arah selatan pada waktu musim gugur. Jenis fauna yang khas di daerah ini adalah moose, serigala, dan beruang hitam.

  • Fauna di Daerah Kutub
Fauna yang mampu hidup di daerah kutub pada umumnya mempunyai bulubulu yang tebal, seperti jenis hewan yang hidup di daerah tundra. Fauna yang hidup di daerah kutub antara lain beruang kutub serta mamalia air seperti singa laut, yang dijadikan sebagai makanan utama beruang kutub, dan sejenis burung yaitu penguin.

2. Persebaran Hewan (Fauna) di Perairan

Organisme di dalam air dapat diklasifikasikan berdasarkan model kehidupannya, sebagai berikut.
Persebaran Hewan (Fauna) di Muka Bumi
Hewan (Fauna) di Perairan
  • Bentos, adalah organisme yang melekat di dasar endapan. Bentos dapat dibagi berdasarkan cara makanannya, yaitu pemakan penyaring (kerang) dan pemakan deposit (siput).
  • Plankton, adalah organisme mengapung yang pergerakannya tergantung pada arus laut.
  • Nekton, adalah organisme yang dapat berenang dan bergerak dengan kemampuannya sendiri, misalnya ikan, ampibi, dan serangga air.
  • Neustin, adalah organisme yang beristirahat atau berenang pada permukaan laut.
Demikian penjelasan Geografi kali ini mengenai Persebaran Hewan (Fauna) di Muka Bumi baik di daratan maupun di perairan secara umum. Semoga dapat dipahami dan menjadi salah satu referensi yang baik bagi sahabat. Jika ada hal yang ingin ditanyakan, sahabat dapat bergabung melalui diskusi di form komentar di bawah. Terima kasih.

Pustaka:
[Persebaran Hewan (Fauna) di Muka Bumi - KonsepGeografi.net]
[Biosfer dan Persebaran Hewan Tumbuhan – Geografi Kelas 11 Danang Endarto, Sarwono, dan Singgih Prihadi Tahun 2009]
[Gambar - Google Images 2017]

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter

0 Response to "Persebaran Hewan (Fauna) di Muka Bumi"

Posting Komentar

> Bagikan jika bermanfaat.
> Mari belajar bersama, jangan sungkan untuk berkomentar.