Pengertian Negara Maju

Pengertian Negara Maju – Sahabat GEO, berikut ini merupakan penjelasan singkat mengenai pengertian negara maju. Region atau wilayah merupakan bagian dari suatu wilayah yang luas berupa kawasan atau wilayah di permukaan bumi. Bentuk dari wilayah yang terdapat di sekitar manusia antara lain wilayah perdesaan, perkotaan, dan dalam lingkup yang lebih luas yaitu negara. Negara adalah suatu kawasan dalam wilayah yang luas dengan struktur dan organisasi pemerintahan tersendiri terdiri atas kumpulan dari individu yang saling berinteraksi satu sama lainnya, membentuk suatu sistem wilayah.
Pengertian Negara Maju
Pengertian Negara Maju

Pengertian Negara Maju

Negara maju adalah negara yang memiliki tingkat perekonomian dan Iptek yang tinggi. Bedanya dengan negara sedang berkembang memiliki tingkat ekonomi dan iptek yang rendah.

Negara Maju dan Negara Berkembang

Secara sepintas mungkin terbayang dalam benak dan pikiran Anda bahwa negara maju adalah suatu wilayah yang terdapat di permukaan bumi dengan segala kemajuan dan teknologinya yang canggih. Penduduknya memiliki taraf kesejahteraan kehidupan yang jauh lebih baik. Kondisi perekonomian relatif stabil, dan tingkat pembangunan sarana dan prasarana kehidupan yang jauh lebih cepat. Pandangan tersebut sering ditujukan pada negara-negara adidaya dan adikuasa, salah satunya Amerika Serikat dan negara berteknologi tinggi lainnya.

Pandangan kita sering berpendapat bahwa negara berkembang yaitu suatu wilayah dengan taraf kehidupan relatif masih rendah, penguasaan teknologi belum memadai dan bersifat sederhana, Negara miskin, memiliki utang luar negeri cukup banyak, dan terbelakang.

Umumnya ditujukan pada negara-negara di Asia dan berkulit hitam. Kemungkinan besar pandangan tersebut juga ditujukan pada Negara kita sendiri. Pendapat demikian tidak sepenuhnya benar dan juga
tidak sepenuhnya salah. 

Menentukan suatu negara tergolong ke dalam negara maju atau negara berkembang, pada dasarnya cukup sulit. Mengapa demikian? Karena hal tersebut akan sangat bergantung pada ukuran yang digunakan. Dalam kenyataannya, tidak ada satu negara pun yang mutlak dapat dikatakan sebagai negara maju ataupun mutlak dapat dikatakan sebagai negara berkembang. Ukuran yang digunakan adalah tingkat ekonomi dan pengu asaan ilmu pengetahuan dan teknologi.
Baca juga:
Selain tingkat ekonomi yang diukur dari pendapatan dan kekayaan suatu negara atau kecanggihan ilmu pengetahuan dan teknologinya, keadaan atau kualitas penduduknya juga dapat dijadikan ukuran.

Demikian penjelasan singkat mengenai Pengertian Negara Maju yang dapat kami bagikan pada kesempatan kali ini. Dan semoga penjelasan yang telah kami bagikan di atas dapat meningkatkan pengetahuan kita semua. – KonsepGeografi.net