Kumpulan Nama nama Komet

Nama nama Komet – Berikut ini ada beberapa nama-nama komet yang akan kami share untuk sahabat Geografi. Komet yang baru ditemukan biasanya diberi nama menurut tahun penemuannya ditambah sebuah huruf yang mengindikasikan urutan penampakan komet itu pada tahun saat komet tersebut ditemukan. Saat tanggal waktu komet mencapai titik perihelion dapat diketahui, komet itu segera dinamai menurut angka tahun kalendar saat itu dikuti dengan angka Romawi yang menunjukkan urutan kronologis perlintasan pada perihelion pada tahun itu.
Nama nama Komet
Nama nama Komet
Namun ada pengecualian seperti pada nama Komet Halley. Komet ini dinamakan berdasarkan nama Edmond Halley (1656–1742), untuk menghargai orang yang pertama kali menghitung orbitnya. Nama tiga orang pertama yang melaporkan menemukan komet baru secara serentak dapat diambil sekaligus untuk nama komet tersebut. Karena perburuan komet adalah aktivitas internasional, maka seringkali kita menemukan komet dengan nama yang susah disebut seperti komet periode pendek (5,3 tahun) bernama Komet Honda-Mrkos-Pajdusakova.
Lihat juga:

Nama nama Komet

Setelah ditemukannya berbagai macam komet, sehingga perlu adanya nama yang berbeda di setiap komet. Berikut nama nama komet:
Nama nama Komet
Salah Satu Nama Komet yang Ada di Tata Surya (Komet C/2013 X1)
  1. Komet Kohoutek.
  2. Komet Arend-Roland dan Komet Maikos yang muncul pada tahun 1957.
  3. Komet Ikeya-Seki, ditemukan pada bulan September 1965 oleh dua astronom Jepang, yaitu Ikeya dan T. Seki.
  4. Komet Shoemaker-Levy 9 yang hancur pada tahun 1994 (menghantam Yupiter.
  5. Komet Hyakutake yang muncul pada tahun 1996.
  6. Komet Hale-Bopp yang muncul pada tahun 1997 dan lainnya.
  7. Komet Lovejoy
  8. Komet Halley terakhir muncul pada tahun 1986 dan muncul setiap 76 tahun.
  9. Komet Elenin
  10. Komet Encke komet ini merupakan salah satu dengan orbit terpendek yaitu 3 tahun sekali.
  11. Komet Brooks Ditemukan Juli 1911 penemunya William Robert Brooks dan nama belakangnya dijadikan nama komet ini.
  12. Komet Lulin Ditemukan pada 11 Juli 2007.
  13. Komet Hartley Komet ini nampak setiap 6 tahun sekali.
  14. Komet Kopff namanya berasal dari nama penemunya yaitu August Kopff . Diperkirakan nampak setiap 6 tahun sekali.
  15. Komet Swan
  16. Komet Bode ditemukan oleh Johann Elert Bode.
  17. Komet Holmes ditemukan oleh Edwin Holmes.
  18. Komet ISON adalah sebuah komet yang ditemukan oleh astronom asal Rusia, Vitali Nevski dan Artyom Novichonok, pada 24 September 2012. Komet ini sejatinya bernama C/2012 S1. Nama ISON diambil dari nama fasilitas yang digunakan untuk menemukannya, International Scientific Optical Network (ISON).
  19. Komet C/2012 K1 PanStarrs
  20. Komet C/2013 Oukaimeden
  21. Komet C/2013 R1 Lovejoy
  22. Komet C/2013 X1 ditemukan oleh para ilmuwan dari University of Hawaii menggunakan instrumen Pan-STARRS (Panoramic Survey Telescope & Rapid Response System) pada tanggal 4 Desember 2013.
  23. Komet C/2014 Q2 Lovejoy

Jenis-jenis komet

Selain Nama nama Komet, tentunya terdapat juga pembagian komet dalam hal ini jenis-jenis dari komet dengan karakteristik tertentu.

Berdasarkan bentuk dan panjang lintasannya, komet dapat diklasifikasikan menjadi dua, yaitu sebagai berikut:

1) Komet berekor panjang
Komet berekor panjang, yaitu komet dengan garis lintasannya sangat jauh melalui daerah-daerah yang sangat dingin di angkasa sehingga berkesempatan menyerap gas-gas daerah yang dilaluinya. Ketika mendekati Matahari, komet tersebut melepaskan gas sehingga membentuk koma dan ekor yang sangat panjang. Contohnya, komet Kohoutek yang melintas dekat Matahari setiap 75.000 tahun sekali dan komet Halley setiap 76 tahun sekali.

2) Komet berekor pendek
Komet berekor pendek, yaitu komet dengan garis lintasannya sangat pendek sehingga kurang memiliki kesempatan untuk menyerap gas di daerah yang dilaluinya. Ketika mendekati Matahari, komet tersebut melepaskan gas yang sangat sedikit sehingga hanya membentuk koma dan ekor yang sangat pendek bahkan hampir tidak berekor. Contohnya komet Encke yang melintas mendekati Matahari setiap 3,3 tahun sekali.

Berdasarkan lama periodiknya: [Nama nama Komet]

1) Komet nonperiodik
Dari sekian banyak nama komet, ada beberapa jenis komet yang hanya ditemukan sekali, diperkirakan karena memiliki orbit yang sangat panjang dan lama untuk melewati satu putaran; yang disebut komet nonperiodik. Contoh komet nonperiodik antara lain, komet Arend-Roland, komet Brooks, komet Ikeya-Seki, komet Lulin, dan komet Kohoutek.

2) Komet periodik
Astronom telah mendaftarkan sekitar 150 komet periode pendek atau periodik, yang memiliki periode revolusi mengelilingi Matahari hanya beberapa tahun atau puluh tahun hingga 200 tahun. Mereka bersinar secara periodik di langit setiap kali komet ada di dekat Matahari.

Komet yang paling konsisten dan terkenal adalah Komet Halley, dengan 30 pelintasan perihelion berurutan yang tercatat sejak 240 SM. Pengamatan lewat teleskop selama lebih tiga tahun sebelum dan sesudah pelintasan perihelionnya tanggal 9 Februari 1986 menjadikan Komet Halley sebagai komet yang telah dianalisa paling baik hingga sekarang.

Berbeda dengan komet nonperiodik, komet ini dapat dilihat beberapa kali melintasi bumi. Komet periodik rata-rata memiliki jarak orbit yang lebih pendek, sehingga untuk kembali pada satu titik yang sama bisa ditempuh dalam waktu lebih cepat. Tidak mengherankan bila komet yang dikategorikan sebagai komet periodik ini bisa dilihat beberapa tahun sekali. Contoh komet periodik antara lain, komet Halley, komet Hartley, komet Kopff, dan komet Encke.

Itulah beberapa Nama nama Komet yang dapat kami share pada kesempatan kali ini. Dan semoga penjelasan di atas dapat bermanfaat bagi kita semua. Jika masih ada nama komet lain yang belum kami share, mohon saran dari sahabat. – Konsep Geografi

Pustaka:
[Konsepgeografi.net]
[Wikipedia Indonesia]
[Google Images]

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter