Pengertian Jagat Raya

Pengertian Jagat Raya – Kali ini materi yang akan dibagikan oleh KonsepGeografi.net yaitu tentang pengertian jagat raya. Pengertian dari jagat raya penting untuk diketahui sebelum memahami beberapa materi yang berkaitaan dengan jagat raya ini. Materi ini biasanya terdapat dalam pembahasan di kelas X SMA atau MA sederajat khususnya di semester-semester awal.
Pengertian Jagat Raya
Pengertian Jagat Raya
Baca juga:

Pengertian Jagat Raya

Jagat raya atau alam semesta (the universe) adalah ruang tidak terbatas yang di dalamnya terdiri atas semua materi, termasuk tenaga dan radiasi. 

Jumlah Materi atau Benda-benda dalam Jagat Raya

Dari pengertian di atas dapat dipahami bahwa jagat raya itu sendiri tidak dapat diukur, dalam arti batas-batasnya tidak dapat diketahui dengan jelas. Ada begitu banyak materi yang terdapat di dalam jagad raya. Seperti galaksi, bintang, matahari, nebula, planet, meteor, asteroid, komet, dan bulan, hanyalah sebagian kecil dari materi di jagat raya yang dikenal manusia yang hidup di Bumi.

Akan tetapi, secara lebih mendalam semua yang ada di jagat raya masih merupakan rahasia yang sama sekali belum terungkap. Hal ini antara lain disebabkan karena tingkat ilmu pengetahuan dan teknologi yang dimiliki manusia dalam mengungkap rahasia alam semesta masih sangat terbatas.

Seperti diketahu Bumi tempat tinggal manusia merupakan suatu bulatan kecil yang dikenal sebagai suatu planet anggota dari sistem tata surya dengan matahari sebagai pusatnya. Matahari merupakan salah satu bintang dari sekitar 200 miliar bintang yang ada di Galaksi Bima Sakti (The Milky Ways atau Kabut Putih). Lebih jauh lagi berdasarkan penelitian, Bima Sakti bukanlah satu-satunya galaksi yang ada di jagat raya, melainkan terdapat ratusan, jutaan, bahkan terdapat miliaran galaksi pengisi jagat raya ini.

Untuk pembentukan jagad raya atau proses terbentuknya, timbul berbagai pendapat atau teori dari beberapa ilmuan Geografi seperti teori big bang, teori mengembang dan memampat, dan terbentuk dari galaksi serta masih ada beberapa teori lainnya.

Demikian penjelasan mengenai Pengertian Jagat Raya atau The Universe, dan semoga penjelasan di atas dapat menjadi referensi yang baik dalam pengembangan ilmu pengetahuan Geografi. – Konsep Geografi

Pustaka:
[Hartono dalam Geografi Kelas X SMA/MA, Jelajah Bumi dan Alam Semesta]

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter