Pola Aliran Sungai Beserta Ciri-cirinya Masing-masing

Pola Aliran SungaiKonsepGeografi.com kali ini akan berbagi info mengenai Pola Aliran Sungai. Dalam penjelasan ini akan dijelaskan beberapa pola aliran yang mungkin sahabat perlihat atau pernah dapatkan dalam kehidupan sehari-hari sahabat. Aliran sungai akan menyusun pola tertentu yang disebut pola aliran sungai. Pola aliran sungai ini dipengaruhi oleh struktur geomorfologi dan geologi daerah yang dilaluinya.
Pola Aliran Sungai
Pola Aliran Sungai Beserta Ciri-cirinya Masing-masing

Pola Aliran Sungai

Pola aliran yang dijumpai antara lain sebagai berikut.

a) Pola dendtritis

Pola aliran sungai ini ciri-cirinya adalah bahwa anak-anak sungainya bermuara pada sungai induk secara tidak teratur yaitu membentuk sudut yang berlainan besarnya dan tidak tentu besarnya. Pola ini terdapat di daerah yang menunjukkan tidak adanya pengaruh struktur. Pola ini sering terdapat pada batuan horizontal (mendatar).

b) Pola memusat (centripetal)

Untuk pola aliran sungai ini merupakan pola aliran yang memusat pada suatu depresi, seperti cekun gan, atau kawah.

c) Pola menyebar radial (centrifugal)

Pola menyebar radial yaitu pola aliran yang tersebar dari suatu puncak, seperti pada kubah, gunungapi, dan bukit terpencil.

d) Pola trellis - Pola Aliran Sungai

Pola trellis merupakan salah satu pola aliran dimana sungai yang memperlihatkan letak yang paralel. Anak-anak sungainya bergabung secara tegak pada sungai yang paralel (sejajar) tadi. Pola ini terjadi di daerah dengan struktur lipatan.

e) Pola aliran rektangular

Ciri-ciri pola aliran sungai rektangular ini adalah sungai induk dengan anakanak sungainya membelok dengan membentuk sudut 90°. Pola aliran ini terdapat di daerah patahan.

f) Pola Annular

Pola Annular terdapat pada kubah yang telah mengalami pengirisan yang lebih lanjut dan dikelilingi oleh lapisan yang berganti antara yang keras dan lunak. Pada keseluruhannya pola ini hampir membentuk cincin.

g) Pola aliran pinnate

Pola aliran pinnate merupakan pola aliran yang menunjukkan kecuraman lereng yang besar.

Pola Aliran Sungai
Baca juga materi geografi lain berikut:
Nach itulah beberapa pola aliran sungai yang dapat saya jelaskan pada kesempatan kali ini, semoga dapat memberikan manfaat bagi sahabat.