Pelapukan Mekanik dan Faktor Penyebab Terjadinya

Pelapukan Mekanik – Materi Geografi kali ini mengenai penjelasan dari pelapukan mekanik pada batuan. Diketahui bahwa pengertian pelapukan mekanik (fisis) adalah proses atau peristiwa hancur dan lepasnya material batuan, tanpa mengubah struktur kimiawi batuan tersebut. Pelapukan mekanik merupakan penghancuran bongkah batuan menjadi bagian-bagian yang jauh lebih kecil.
Pelapukan Mekanik
Pelapukan Mekanik pada Batuan

Faktor- faktor yang Menyebabkan Pelapukan Mekanik

Ada beberapa faktor yang menyebabkan pelapukan mekanik, yaitu sebagai berikut:
  1. Perbedaan temperatur, akibatnya batuan akan mengalami proses pemuaian apabila panas dan sekaligus pengerutan pada waktu dingin. Jika proses ini terus berlangsung maka lambat laun batuan akan mengelupas, terbelah, dan pecah menjadi bongkah-bongkah yang kecil.
  2. Akibat erosi di daerah pegunungan dan akibat membekunya air di sela-sela batuan. Air yang membeku di sela-sela batuan volumenya akan membesar, sehingga air tersebut akan menjadi sebuah tenaga tekanan yang merusak struktur dari suatu batuan.
  3. Pengaruh kegiatan makhluk hidup, seperti hewan dan tumbuh-tumbuhan. Akar tumbuhan akan merusak struktur batuan, begitu juga dengan hewan yang selalu membawa butir-butir batuan dari dalam tanah ke permukaan. Selain hewan dan tumbuh-tumbuhan, manusia juga memberikan andil dalam terjadinya pelapukan mekanis (fisik). Dengan pengetahuan dan teknologinya, batuan sebesar kapal dapat dihancurkan dalam sekejap dengan menggunakan dinamit.
  4. Berubahnya air garam menjadi kristal. Jika terjadi pada air tanah yang mengandung garam, pada siang hari airnya menguap dan garam akan mengkristal. Kristal garam ini tajam sekali dan dapat merusak batuan yang tersebar di sekitarnya, terutama batuan karang yang terdapat di daerah pantai.
Demikian penjelasan singkat mengenai Pelapukan Mekanik pada batuan yang dapat KonsepGeografi.net share untuk pembehasan kimia di atas. Semoga dapat memberikan manfaat bagi kita semua. Jangan lupa lihat juga Faktor yang Memengaruhi Terjadinya Pelapukan Batuan Secara Umum.

Baca juga:

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter