Pengertian Jenis dan Klasifikasi dari Mineral

Pengertian MineralKonsepGeografi.net akan berbagi penjelasan mengenai pengertian mineral. Pengertian mineral adalah sebagian besar zat-zat hablur (kristal) yang terdapat dalam kerak bumi dan bersifat homogen, baik secara fisik maupun  kimiawi. Sebagian besar mineral terdapat dalam bentuk padat, tetapi ada juga mineral yang berbentuk cair atau gas.
Pengertian Mineral
Pengertian Mineral
Setiap jenis mineral menunjukkan sikap yang berbeda-beda terhadap gaya pelapukan dari luar. Ada mineral yang mudah lapuk, tetapi ada juga mineral yang sukar mengalami pelapukan. Mineral akan mudah diidentifikasi dengan memperhatikan beberapa sifat fisiknya, yaitu warna, kilap, bentuk, kekerasan, belahan, dan berat jenisnya.

Jenis Mineral - Pengertian Mineral

Ada beberapa jenis mineral, antara lain sebagai berikut.
  • Sulfida, yaitu persenyawaan logam dengan unsur belerang.
  • Oksida, yaitu persenyawaan logam dengan oksigen.
  • Sulfat, yaitu persenyawaan belerang dan oksigen dengan logam yang berbeda-beda.
  • Karbonat, yaitu persenyawaan karbon dan oksigen dengan bermacam-macam logam.
  • Silikat, yaitu persenyawaan bermacam-macam unsur dengan silicon dan oksigen.

Mineral merupakan padatan senyawa kimia homogen, non-organik, yang memiliki bentuk teratur (sistem kristal) dan terbentuk secara alami. Istilah mineral termasuk tidak hanya bahan komposisi kimia tetapi juga struktur mineral. Mineral termasuk dalam komposisi unsur murni dan garam sederhana sampai silikat yang sangat kompleks dengan ribuan bentuk yang diketahui (senyawaan organik biasanya tidak termasuk). Ilmu yang mempelajari mineral disebut mineralogi.

Klasifikasi dan Definisi Mineral

Agar dapat diklasifikasikan sebagai mineral sejati, senyawa tersebut haruslah berupa padatan dan memiliki struktur kristal. Senyawa ini juga harus terbentuk secara alami dan memiliki komposisi kimia yang tertentu. Definisi sebelumnya tidak memasukkan senyawa seperti mineral yang berasal dari turunan senyawa organik. Bagaimanapun juga, The International Mineralogical Association tahun 1995 telah mengajukan definisi baru tentang definisi material: "Mineral adalah suatu unsur atau senyawa yang dalam keadaan normalnya memiliki unsur kristal dan terbentuk dari hasil proses geologi".

Klasifikasi modern telah mengikutsertakan kelas organik kedalam daftar mineral, seperti skema klasifikasi yang diajukan oleh Dana dan Strunz.

Demikian penjelasan singkat mengenai pengertian mineral yang dapat dibagikan kepada sahabat, semoga bermanfaat dan jangan lupa juga baca penjelasan mengenai Macam-macam dan Proses Perubahan Batuan Metamorf, dan Struktur, Jenis dan Klasifikasi Batuan Beku.

Baca juga:

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter