Proses Terjadinya serta Perbedaan Angin Darat dan Angin Laut

Angin Darat dan Angin Laut - Salah satu jenis-jenis angin lokal yaitu angin darat dan angin laut. Angin darat dan angin laut merupakan jenis angin yang biasa dirasakan dalam kehidupan sehari-hari, terutama penduduk yang menetap di daerah pesisir. Angin darat bertiup dari daratan menuju laut, sedangkan angin laut bergerak dari laut menuju darat.
Angin Darat dan Angin Laut
Angin Darat dan Angin Laut
Dilihat dari sifat benda, daratan itu merupakan benda padat, sedangkan lautan merupakan benda cair. Anda mungkin telah mengetahui bahwa daratan sebagai benda padat akan mudah menyerap panas sinar matahari dan lebih cepat melepaskan panas. Oleh karena itu, pada malam hari, daratan lebih cepat dingin daripada laut. Oleh karena suhu di daratan pada malam hari lebih rendah, menyebabkan tekanan udara di daratan tinggi (maksimum), sedangkan tekanan udara di lautan rendah.

Proses Terjadinya Angin Darat dan Angin Laut

Sesuai dengan hukum Buys Ballot, udara akan bergerak dari daerah bertekanan udara maksimum ke daerah minimum. Jadi pada malam hari bertiuplah angin dari darat menuju laut. Itulah yang dinamakan angin darat. Angin darat dimanfaatkan oleh para nelayan tradisional untuk pergi melaut pada malam hari.
Angin Darat dan Angin Laut
Angin Darat Terjadi pada Waktu Malam Hari
Pada siang hari, daratan lebih cepat menerima panas dan lautan relatif lebih lambat. Hal tersebut menyebabkan daratan merupakan pusat tekanan rendah (minimum) dan lautan merupakan pusat tekanan tinggi (maksimum). Oleh karena itu, pada siang hari berembuslah angin dari laut menuju darat. Itulah yang dinamakan angin laut.
Angin Darat dan Angin Laut
Angin Laut Terjadi pada Waktu Siang Hari

Perbedaan Angin Darat dan Angin Laut

Agin darat yakni angin bertiup dari darat menuju laut dan terjadi pada waktu malam hari, sedangkan angin laut yakni angin yang bertiup dari laut menuju darat yang terjadi pada waktu siang hari.
Baca juga:

Demikian penjelasan mengenai angin darat dan angin laut, semoga penjelasan di atas bermanfaat bagi kita semua.

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter