Proses Terjadinya Gerhana Matahari dan Gerhana Bulan

Proses Terjadinya Gerhana Matahari dan Gerhana BulanKonsepGeografi.net kali ini akan berbagi materi Geografi mengenai proses terjadinya gerhana matahari dan gerhana bulan. Dimana diketahui bahwa bumi dan bulan merupakan benda angkasa yang tidak memiliki cahaya sendiri.

Tanpa adanya cahaya matahari yang dipantulkan oleh bumi maupun bulan, maka bumi tidak akan terlihat dari bulan demikian juga bulan tidak akan terlihat dari bumi. Jika dalam peredarannya bumi maupun bulan berada dalam suatu garis lurus dengan matahari, maka memungkinkan akan terjadinya peristiwa gerhana matahari atau bulan.

Nach untuk lebih jelasnya berikut ulasan mengenai proses terjadinya gerhana matahari dan gerhana bulan yang merupakan salah satu fenomena yang terjadi pada waktu-waktu tertentu saja.

a. Proses Terjadinya Gerhana Bulan

Proses Terjadinya Gerhana Matahari dan Gerhana Bulan
Gerhana bulan merupakan salah satu fenomena alam yang terjadi akibat bayang-bayang bumi mengenai bulan.
Gerhana bulan adalah gerhana yang terjadi akibat bayang-bayang bumi mengenai bulan, artinya cahaya matahari yang menuju bulan pada malam hari terhalang oleh bulatan bumi. Diameter bumi lebih besar dari diameter bulan. Seluruh bulatan bulan akan tertutup oleh bulatan bumi sehingga ketika peristiwa gerhana bulan, seluruh permukaan bumi yang saat itu terjadi malam hari akan mengalami gerhana bulan yang berlangsung lebih kurang dalam rentang waktu 1 jam 40 menit.


b. Proses Terjadinya Gerhana Matahari

Proses Terjadinya Gerhana Matahari dan Gerhana Bulan
Gerhana matahari terjadi pada saat bayang-bayang bumi mengenai bulan.
Gerhana matahari merupakan gerhana yang terjadi sebagai akibat bayang-bayang bulan mengenai bumi, dimana cahaya matahari yang menuju bumi pada siang hari terhalang bulatan bulan. Oleh karena diameter bulan tidak lebih besar dari diameter bumi, maka gerhana matahari hanya terjadi pada sebagian kecil permukaan bumi dan berlangsung lebih kurang 7 menit.

Tampak kedua gerhana baik gerhana matahari maupun gerhana bulan jelas memiliki perbedaan pada proses terjadinya. Demikian penjelasan Proses Terjadinya Gerhana Matahari dan Gerhana Bulan, semoga bermanfaat.

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter