Jenis Sumber Daya Alam Menurut Sifatnya

Jenis Sumber Daya Alam Menurut Sifatnya - Banyaknya sumber daya alam yang terdapat di mana saja, seperti di dalam tanah, permukaan Bumi, air, udara, dan sebagainya mendorong adanya klasifikasi sumber daya alam berdasarkan jenis-jenisnya. Menurut sifatnya, sumber daya alam dibagi menjadi tiga golongan yaitu sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui (unrenewable), sumber daya alam yang dapat diperbarui (renewable), dan sumber daya alam yang selalu tersedia. Berikut penjelasannya:

1) Sumber Daya Alam yang Tidak dapat Diperbarui (Unrenewable) - Jenis Sumber Daya Alam Menurut Sifatnya

Pernahkah kamu bertanya-tanya dalam hati, mengapa harga emas dan perak lebih mahal dibandingkan dengan harga sayuran yang hampir kita butuhkan setiap hari, padahal kita tahu bahwa semakin banyak permintaan terhadap barang, maka harga barang tersebut semakin naik.
Jenis Sumber Daya Alam Menurut Sifatnya
Emas - Sumber Daya Alam yang Tidak dapat Diperbaharui
Nah, sayuran kita butuhkan hampir tiap hari, tetapi mengapa sayuran lebih murah dibandingkan dengan emas dan perak? Untuk menjawabnya kamu harus ingat bahwa cara mendapatkan emas lebih sulit dibandingkan sayuran, yang bisa diperoleh dengan mudah dan bisa dikembangkan guna persiapan dalam memenuhi kebutuhan kita. Bagaimana dengan emas? Emas diambil dengan cara melakukan pertambangan, suatu saat bisa habis persediaannya, bahkan untuk bisa memakainya memerlukan pengolahan hingga melalui proses penggalian terlebih dahulu. Oleh karena itu, emas dikelompokkan dalam sumber daya alam yang tidak bisa diperbarui. Sumber daya alam ini biasanya berupa bahan tambang dan mineral yang terkandung di dalam Bumi.

Jumlah sumber daya alam cukup banyak dan bermacam-macam jenisnya. Namun sebelum dimanfaatkan, harus digali dan diolah terlebih dahulu. Pengambilan barang tambang secara umum disebut pertambangan. Sebelum melakukan penambangan dilakukan eksplorasi, yaitu usaha penelitian dan penyelidikan terhadap adanya barang-barang tambang.

Setelah pasti, baru dilakukan penambangan. Mengingat sumber daya alam ini dapat habis, maka penggunaannya harus tepat dan hemat, tidak berlebih-lebihan. Apabila habis, harus dicari lagi lokasi lain yang mengandung barang tambang.

2) Sumber Daya Alam yang dapat Diperbarui (Renewable)

Seperti halnya sayuran, yang dapat dikembangbiakkan bahkan dibudidayakan sesuai kebutuhan, tanaman dalam pengertian yang lebih luas merupakan salah satu contoh sumber daya alam yang dapat diperbarui. Sumber daya alam seperti ini dapat juga disebut sebagai sumber daya alam biotik.
Jenis Sumber Daya Alam Menurut Sifatnya
Sayuran Merupakan Contoh Sumber Daya Alam yang dapat Diperbaharui
Tahukah kamu alasannya? Berbagai bentuk pemanfaatan lahan dilakukan manusia untuk mengembangbiakan tanaman, misalnya dengan pertanian, perkebunan, hingga budi daya hutan. Hewan pun juga dapat dikembangbiakkan. Beberapa kebutuhan manusia dapat dipenuhi dari hewan. Nah, bagaimanakah cara pengembangbiakan sumber daya hewani ini? Satu hal yang harus kita tanamkan dalam diri kita, meskipun sumber daya jenis ini tidak dapat habis, kita perlu menjaganya agar tidak terjadi kepunahan dan gangguan ekosistem yang akhirnya akan merugikan kita juga.

3) Sumber Daya Alam yang Selalu Tersedia - Jenis Sumber Daya Alam Menurut Sifatnya

Kamu tahu bahwa udara merupakan faktor penting untuk kelangsungan hidup organisme. Bisa dikatakan tidak ada kehidupan tanpa udara. Udara yang bergerak atau angin dapat digunakan untuk berbagai keperluan, misalnya mendukung proses penyerbukan bunga sehingga menjadi buah, untuk pembangkit tenaga listrik, sebagai penghantar gelombang udara yang diperlukan telekomunikasi dengan menggunakan satelit. Begitu juga dengan udara, sinar matahari merupakan sumber energi terpenting bagi kehidupan.
Jenis Sumber Daya Alam Menurut Sifatnya
Matahari - Contoh Sumber Daya Alam yang Selalu Tersedia
Tanpa matahari tidak akan ada makhluk hidup di dunia ini. Matahari sangat berpengaruh terhadap iklim (cuaca), tumbuhan, dan hewan. Sinar matahari juga dapat diubah menjadi tenaga listrik dengan menggunakan sel matahari atau pembangkit listrik tenaga surya. Bagaimana kita mendapatkan sumber daya alam seperti udara dan sinar matahari? Nyaris tanpa pengorbanan bukan, bahkan selalu ada. Inilah yang disebut sumber daya alam yang selalu tersedia.

Nach demikian beberapa jenis sumber daya alam menurut sifatnya yang dapat KonsepGeografi.net bagikan kepada sahabat pada kesempatan ini, semoga bermanfaat bagi kita semua dalam pengembangan ilmu pengetahuan Geografi.

Baca juga Pengertian Sumber Daya Alam.