Pengertian Emigrasi, Tujuan dan Dampak Positif Negatif Emigrasi

Pengertian Emigrasi - Dalam ruang lingkup migrasi penduduk khusus yang bersifat internasional dikenal istilah emigrasi. Pengertian emigrasi hampir sama dengan pengertian imigrasi, namun letak perbedaan mendasarnya yaitu dari segi negara asal. Seseorang hanya dikatakan melakukan emigrasi jika berpindah ke negara lain untuk menetap dari negara asal dimana ia dilahirkan. Namun imigrasi memiliki cakupan yang lebih luas dimana seseorang boleh dikatakan melakukan imigrasi jika telah berpindah dari negara yang satu ke negara yang lainnya walaupun negara asalnya bukan merupakan negara kelahirannya.
Pengertian Emigrasi
Pengertian Emigrasi, Tujuan dan Dampak Positif Negatif Emigrasi

Pengertian Emigrasi

Pengertian Emigrasi adalah tindakan meninggalkan negara asal seseorang atau wilayah untuk menetap di negara lain.
Bagi seseorang yang melakukan emigrasi disebut emigran. Ada banyak alasan mengapa orang mungkin memilih untuk beremigrasi. Beberapa diantaranya sebagai berikut:
  • Untuk alasan agama
  • Kebebasan politik atau ekonomi atau melarikan diri.
  • Memiliki alasan pribadi seperti pernikahan.
  • Beberapa orang yang tinggal di negara-negara kaya dengan iklim dingin memilih untuk pindah ke iklim hangat ketika mereka pensiun.

Tujuan Penduduk Melakukan Emigrasi

Apabila seseorang memutuskan untuk tinggal di negara lain dan meninggalkan negara asal, pastilah ada sesuatu yang istimewa ataupun ada sesuatu yang sifatnya memaksa agar seseorang bisa meninggalkan negaranya dan tinggal di negara lain. Berikut secara umum beberapa tujuan yang dimiliki seseorang ketika akan meninggalkan negara asal dan menetap di negara lain:

1. Tujuan Keluarga
Salah satu alasan mengapa seseorang memutuskan untuk tinggal di luar negeri dan keluar dari negara asalnya adalah karena mengikuti keluarganya. Sekarang ini banyak kita temukan orang-orang Indonesia yang merupakan turunan warga Indonesia asli dengan warga negara asing. Jika demikian pastilah keluarganya ada dua, yang satu di Indonesia dan yang satu di luar negeri. Nah, jika anak turunan tersebut kelak akan tinggal bersama keluarga di luar negeri, maka hal itu sah-sah saja.

2. Tujuan Pernikahan
Tidak jauh dari alasan pertama, salah satu alasan mengapa seseorang melakukan emigrasi adalah karena perkawinan. Sekarang bukan merupakan hal tabu lagi jika warga negara Indonesia melakukan perkawinan dengan warga negara asing. Zaman yang semakin terbuka membuat persyaratan pernikahan beda negara menjadi lebih mudah. Nah, untuk mengikuti tempat tinggal suami atau istri seseorang tak segan untuk pindah kewarganegaraan.

3. Tujuan Pekerjaan
Bekerja merupakan salah satu alasan yang kuat dan banyak dipilih orang-orang untuk pindah kewarganegaraan. Memang saat ini bekerja di luar negeri menghasilkan pundi-pundi uang yang lebih banyak daripada bekerja di dalam negeri, sehingga banyak orang yang lebih senang bekerja di luar negeri.

4. Tujuan Mendirikan Usaha
Selain bekerja, salah satu alasan orang-orang untuk tinggal di luar negeri adalah untuk mendirikan usaha. Hal ini banyak dilakukan oleh pengusaha-pengusaha yang tidak segan untuk mengambil resiko.

5. Tujuan Tugas Negara
Bagi seseorang yang telah mengabdikan diri untuk negara atau bekerja untuk negara (berada di lingkungan pemerintahan) maka sangat penting untuk menaati apapun yang telah menjadi keputusan negara, termasuk penempatan kerja. Jika negara menginginkan seseorang ditempatkan di luar negeri maka mau tidak mau harus menepatinya. Dan hal inilah yang bisa menjadi salah satu alasan untuk tinggal di luar negeri.

6. Tujuan Mendapatkan Rasa Aman
Mencari kehidupan yang tenteram dan dipenuhi rasa aman memang menjadi tujuan setiap orang. Maka dari itulah manusia akan selalu menghindar drai rasa tidak aman. Nah mencari rasa aman ini bisa menjadi salah satu penyebab seseorang melakukan emigrasi. Apabila seseorang di negaranya sendiri memiliki banyak musuh atau terlalu banyak masalah yang dihadapinya, sebagian orang cenderung lebih memilih kabur daripada menyelesaikannya. Hal ini sudah terjadi secara nyata bahkan oleh tidak sedikit orang.

Dampak Posistif dan Negatif Emigrasi

Berikut ada beberapa dampak adanya kegiatan emigrasi penduduk baik dampak yang bersifat positif, maupun dampak yang bersifat negatif.

Dampak positif Emigrasi:
  • Meningkatnya hubungan baik di antara kedua Negara.
  • Wawasan pengetahuan penduduk kedua negara bertambah.
  • Meningkatkan pendapatan orang-orang Indonesia yang bekerja di luar negeri karena upah buruh di Negara tersebut jauh lebih tinggi dibandingkan di Indonesia.
Dampak negative Emigrasi:
  • Tidak tercukupinya jumlah tenaga ahli Indonesia karena lebih memilih bekerja di luar negeri.
  • Terjadinya benturan budaya antara para emigran dengan pendudduk Negara setempat.
  • Terjadinya peningkatan kerawanan sosial keamanan di Negara tujuan para emigran sebagai dampak dari peningkatan pengangguran.

Nach demikian ulasan mengenai pengertian emigrasi dan tujuan serta dampak positif dan negatif dari Emigrasi Penduduk. Semoga penjelasan tersebut di atas dapat dengan mudah dipahami, terlebih semoga bermanfaat bagi kita semua.

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter

0 Response to "Pengertian Emigrasi, Tujuan dan Dampak Positif Negatif Emigrasi"

Posting Komentar

> Bagikan jika bermanfaat.
> Mari belajar bersama, jangan sungkan untuk berkomentar.