5 Syarat-syarat Membuat Peta

Syarat-syarat Membuat Peta – Sahabat GEO, kali ini konsepgeografi.net akan berbagi info seputar syarat-syarat membuat Peta. Untuk menghasilkan peta yang benar-benar bermanfaat bagi pengguna atau pembaca peta, diperlukan syarat-syarat yang senantiasa harus terpenuhi agar nantinya peta hasil buatan kita dapat dengan mudah memberikan informasi yang benar. Serta hal tersebut dapat membuat pembaca peta tidak kebingungan.
Syarat-syarat Membuat Peta
Contoh Peta dengan Syarat-syaratnya

Syarat-syarat Membuat Peta

Ada beberapa syarat yang harus kita perhatikan dalam membuat peta agar dapat dibawa dan dipergunakan sesuai dengan tujuan. Syarat-syarat itu ialah sebagai berikut.
  1. Arahnya benar dan tepat. Biasanya arah utara ditempatkan pada bagian atas.
  2. Jarak yang benar, sesuai dengan skala yang telah ditetapkan.
  3. Bentuk yang benar, mendekati atau konform dengan yang sesungguhnya.
  4. Luasnya benar atau sama (mendekati) dengan luas yang sesungguhnya.
  5. Ada keterangan singkat (legenda) mengenai keadaan peta tersebut.
Sebelum kita melangkah pada proses pembuatan peta, kita harus merumuskan hal-hal berikut.
  • Menentukan jenis peta yang akan kita buat.
  • Menentukan bentuk proyeksinya.
  • Menentukan skala peta.
  • Merumuskan lambang atau simbol yang diperlukan, sesuai dengan jenis atau tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya.

Langkah-langkah Membuat Peta

Langkah umum yang harus kita lakukan dalam proses pembuatan peta adalah:
  1. Pengumpulan data, yaitu dengan cara pengukuran luas, tinggi, dan kemiringan permukaan bumi yang akan dipetakan. Kegiatan ini dilakukan dengan pemotretan dari udara.
  2. Penggambaran hasil pengumpulan data dalam rancangan peta.
  3. Pencetakan (produksi) peta sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan.

Menggambar Peta dalam Berbagai Jenis dan Tujuan

Sebagai gambaran penerapan syarat-syarat membuat peta, berikut kami bagikan tahapan sederhana menggambar atau membuat sebuah peta.

a. Menggambar Peta Suhu dan Curah Hujan
Data yang kita perlukan untuk menggambar peta jenis ini ialah:
  • Banyaknya atau intensitas pancaran matahari (isolasi) yang biasanya dinyatakan dalam persen (%),
  • Curah hujan (presipitasi) yang dinyatakan dalam milimeter atau inci, dan
  • Suhu udara yang dinyatakan dalam derajat celcius (°C), derajat Fahrenheit (°F), derajat Reamur (°R), atau derajat Kelvin (°K). Data tersebut dapat diperoleh dari badan Meteorologi dan Geofisika yang ada di daerah kita.
Syarat-syarat Membuat Peta
Mengenai besarnya atau jenisnya skala yang akan dipergunakan, kita tentukan sesuai dengan keperluan. Sedangkan mengenai simbol-simbol peta, kita menggunakan simbol-simbol cuaca menurut persetujuan Internasional, kecuali bagi keadaan yang menunjukkan hal-hal yang khusus.

b. Menggambar Peta Penyebaran Hasil Bumi dan Laut
Tidak jauh berbeda dengan proses menggambar peta suhu dan curah hujan, langkah pertama yang harus kita lakukan adalah mengumpulkan data mengenai hasil-hasil bumi dan laut dari setiap daerah (misalnya tiap provinsi) dalam satu periode tertentu. Tempatkan simbol-simbolnya pada setiap daerah yang memiliki hasil bumi dan laut sesuai dengan data yang kita peroleh. Penempatan simbol-simbol itu harus jelas dan tepat agar orang yang membaca peta tersebut dengan cepat dapat mengambil kesimpulan.
Syarat-syarat Membuat Peta
Itulah beberapa Syarat-syarat Membuat Peta yang seyogyanya terpenuhi sebelum menghasilkan sebuah peta yang benar-benar dapat memberikan manfaat bagi pembaca. Semoga penjelasan di atas dapat memberikan manfaat bagi kita semua. Jika ada kekeliruan, kami tetap mengharapkan saran dari sahabat melalui form komentar yang tersedia di bawah. Sebelumnya atas saran dan perhatiannya kami ucapkan banyak terima kasih.