Yang Termasuk Planet Dalam Dilengkapi Penjelasannya

Planet Dalam – Kali ini KonsepGeografi.net akan berbagi penjelasan mengenai planet dalam. Salah satu kriteria untuk menjadikan sebuah planet menjadi planet dalam yaitu dengan memperhatikan posisi atau jarak planet bumi dari matahari. Yang termasuk planet dalam yaitu planet yang berada di antara Bumi dengan Matahari (Pusat tata surya) dalam hal ini terdapat dua planet yang termasuk planet dalam yaitu planet Merkurius dan planet Venus.
Planet Dalam
Planet Dalam
Lihat juga:

Planet Dalam

Untuk lebih mengenal lebih jauh dari dua planet dalam tersebut, berikut ulasannya:

1) Merkurius [Planet Dalam yang Paling Dekat dengan Matahari]

Planet Dalam
Merkurius merupakan planet dalam yang letaknya paling dekat ke matahari, jarak rata-ratanya sekitar 57,8 juta km. Oleh karena jaraknya yang sangat dekat ke matahari, maka suhu udara siang hari menjadi sangat panas, mencapai 400° C, sedangkan pada malam hari menjadi sangat dingin, mencapai -2000° C. Perbedaan suhu harian yang sangat besar disebabkan Merkurius tidak memiliki atmosfer.

Merkurius memiliki ukuran paling kecil dalam sistem tata surya, garis tengahnya hanya 4.850 km hampir sama ukurannya dengan bulan yang memiliki diameter sekitar 3.476 km. Planet ini beredar mengelilingi matahari dalam suatu orbit eliptis (lonjong) dengan periode revolusinya sekitar 88 hari, dan periode rotasinya sekitar 59 hari.

2) Venus [Planet Dalam yang Berdekatan dengan Planet Bumi]

Planet Dalam
Venus merupakan planet dalam yang letaknya paling dekat ke bumi, yaitu sekitar 42 juta km. Oleh karena itu, planet ini dapat terlihat jelas dari bumi sebagai noktah kecil sangat terang dan berkilauan menyerupai bintang pada pagi atau senja hari. Orang-orang di bumi seringkali menyebutnya sebagai bintang pagi atau timur ketika Venus berada pada posisi elongasi barat, dan bintang senja pada waktu elongasi timur Selain karena letaknya paling dekat ke bumi, kecemerlangan Venus disebabkan oleh adanya atmosfer berupa awan putih yang menye lubungi planet. Atmosfer tersebut berfungsi memantulkan cahaya matahari yang diterimanya.

Jarak rata-rata Venus ke matahari sekitar 108 juta km, diselubungi atmosfer sangat tebal terdiri atas gas karbondikosida dan sulfat. Sehingga pada siang hari suhunya mencapai 477° C, sedangkan pada malam hari suhunya tetap tinggi karena panas yang diterimanya tertahan atmosfer planet tersebut. Diameter Venus sekitar 12.140 km, periode rotasinya sekitar 244 hari dengan arah sesuai jarum jam dan periode revolusinya sekitar 225 hari.
Secara umum lihat juga: Klasifikasi Planet (Planet Bermassa Besar dan Kecil serta Planet Dalam dan Luar).
Nach itulah penjelasan singkat mengenai Planet Dalam yang dapat kami share pada kesempatan kali ini, semoga dapat dengan mudah dimengerti dan bermanfaat bagi kita semua. – Konsep Geografi

Pustaka:
[Geografi Kelas 10 oleh Hartono 2009]
[Google Images]
[http://www.konsepgeografi.net/]

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter