Media Peresapan Air Tanah dan Proses Penguapan Air Tanah

Media Peresapan Air Tanah dan Proses Penguapan Air TanahKonsepGeografi.net kali ini akan membagikan materi geografi tentang Media Peresapan Air Tanah dan Proses Penguapan Air Tanah. Air tanah itu sendiri memiliki peresapan air tanah dan juga air tanah itu sendiri dapat mengalami penguapan. Nach untuk lebih jelasnya berikut penjelasannya.
Media Peresapan Air Tanah dan Proses Penguapan Air Tanah
Media Peresapan Air Tanah dan Proses Penguapan Air Tanah

Media Peresapan Air Tanah

Air tanah berasal dari air hujan yang meresap melalui berbagai media peresapan, yaitu sebagai berikut.
  • Pori-pori tanah. Tanah yang gembur atau berstruktur lemah akan meresapkan air lebih banyak daripada tanah yang pejal.
  • Retakan-retakan lapisan tanah akibat kekeringan yang terjadi pada musim hujan sangat basah dan becek, seperti tanah liat dan lumpur.
  • Rongga-rongga yang dibuat binatang (cacing dan rayap).
  • Rongga-rongga akibat robohnya tumbuh-tumbuhan yang berakar besar.
  • Rongga-rongga akibat pencairan berbagai kristal es yang membeku pada musim dingin.

Selain kelima faktor tersebut, penutupan vegetasi di permukaan bumi pun besar pengaruhnya terhadap peresapan air (infiltrasi) hujan ke dalam tanah. Hujan yang lebat akan tertahan oleh daun-daun dan ranting-ranting sehingga jatuhnya di permukaan bumi perlahan-lahan. Dengan demikian, proses peresapan air berlangsung lebih lancar.


Proses Penguapan Air Tanah

Air tanah mengalami proses penguapan dengan dua cara, yaitu sebagai berikut.
  1. Penguapan langsung, yaitu melalui pori-pori di permukaan tanah sebagai akibat dari pemanasan lapisan tanah oleh sinar matahari. Jenis penguapan ini dalam bahasa Inggris disebut evaporasi.
  2. Penguapan yang tidak langsung, yaitu melalui permukaan daun tumbuh-tumbuhan. Jenis penguapan ini dinamakan transpirasi.

Di dalam klimatologi dan hidrologi, kedua jenis penguapan ini dinamakan evapotranspirasi. Lapisan tanah yang dipengaruhi evapo transpirasi hanya sampai kedalaman 30 cm saja. Di daerah gurun menjadi lebih dalam lagi karena curah hujan rendah dan pemanasan terus-menerus. Lapisan atas tanah gurun itu menjadi kering.
Pelajari juga meteri geografi lain berikut ini:
Demikian penjelasan singkat mengenai Media Peresapan Air Tanah dan Proses Penguapan Air Tanah untuk materi geografi kali ini, semoga bermanfaat.

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter