Keuntungan (SIG) Sistem Informasi Geografis

Keuntungan SIG Sistem Informasi Geografis – Materi Geografi kali ini mengenai Keuntungan SIG Sistem Informasi Geografis. Sistem Informasi Geografis (SIG) atau Geographychal Information System (GIS) adalah suatu sistem informasi yang digunakan untuk memasukkan, menyimpan, memanggil kembali, mengolah, menganalisis, menghasilkan, dan mempublikasikan data bereferensi geografis atau data geospatial untuk mendukung pengambilan keputusan.
Keuntungan SIG Sistem Informasi Geografis
Keuntungan (SIG) Sistem Informasi Geografis
Komputer pada saat ini telah menjadi alat bantu yang makin banyak digunakan. Mengapa demikian? Alasannya adalah karena penyajian data geosfer secara manual memerlukan waktu dan proses yang relatif lama. Di samping itu, informasi yang di gambarkan melalui komputer dan SIG akan lebih teliti, lebih banyak, dan aktual. 

Mengapa geografi memerlukan SIG? Sebab objek material geografi adalah geosfer. Agar data geosfer itu cepat dan mudah diperoleh maka SIG menjadi sarana yang sangat penting. Untuk mendapatkan informasi yang cepat, tepat, dan akurat diperlu kan alat bantu untuk menganalisis data yang diperlukan. 

Keuntungan SIG Sistem Informasi Geografis dengan Alat Bantu Komputer

Alat bantu tersebut merupakan suatu sistem yang mampu menangani data geografi secara cepat, tepat, dan akurat, yaitu sistem komputer. Selain diper oleh informasi secara cepat, tepat, dan akurat, keuntungan SIG dengan menggunakan alat bantu komputer antara lain sebagai berikut.
  1. Mudah dalam pengolahan data.
  2. Pengumpulan data dan penyimpanannya hemat tempat dan ringkas (berupa disket, compact disk, dan flash disk).
  3. Mudah diulang dan dilihat kembali apabila sewaktu-waktu diperlukan.
  4. Mudah diubah dan direvisi apabila sewaktu-waktu ada perubahan.
  5. Mudah dibawa, dikirim, dan ditransformasikan (dipindahkan).
  6. Aman, karena dapat dikunci dengan kode atau manual.
  7. Relatif lebih murah dibandingkan dengan survei lapangan.
  8. Data yang sulit ditampilkan secara manual dapat diperbesar bahkan dapat ditampilkan dengan gambar tiga dimensi dengan variasi warna yang sesuai.
  9. Berdasarkan data SIG dapat dilakukan pengambilan keputusan dengan tepat dan cepat.

Demikian penjelasan singkat mengenai Keuntungan SIG Sistem Informasi Geografis yang dapat KonsepGeografi.net share untuk sahabat pada materi Geografi kali ini, sekian dan semoga bermanfaat.