Hakikat Geografi Menurut Ilmuan

Hakikat Geografi Menurut Ilmuan - Ada beberapa hakikat geografi yang menjadi dasar dari geografi itu sendiri. Menurut  Broek  (1980) mengemukakan  bahwa  hakikat  geografi  ada  6, yakni sebagai berikut:
Hakikat Geografi Menurut Ilmuan
Hakikat Geografi

Enam Hakikat Geografi Menurut Ilmuan

Berikut ada enam Hakikat Geografi Menurut Ilmuan: 

1. Geografi sebagai ilmu pengetahuan biofisik.

Pada  akhir  abad  ke  19  ketika  ilmu  pengetahuan  seperti  geologi, meteorologi, dan botani sudah mengalami perkembangan yang sedemikian pesat  maka  ahli  geografi  terpengaruh  dan  tertarik mengikuti  metodemetode disiplin ilmu tersebut.

Kelemahan setelah geografi masuk ke dalam ilmu pengetahuan alam murni, di mana mampu merumuskan hukum sebab akibat terhadap gejala-gejala dan proses-proses fisik di muka bumi secara general, tetapi tidak memasukkan unsur manusia.

2. Geografi sebagai relasi hubungan timbal balik manusia dengan alam. - Hakikat Geografi

Contoh kongkritnya yaitu iklim tropis menghalangi kemajuan kebudayaan masyarakat setempat, sementara iklim sedang merangsang perkembangan kebudayaan masyarakat yang mendiaminya.

3. Geografi sebagai ilmu ekologi manusia.

Keanekaragaman  di  kalangan  pengikut  paham  determinisme environmentalis mendefinisikan geografi sebagai studi pengetahuan yang mempelajari hubungan manusia dengan tempat tinggalnya.

4. Geografi sebagai studi tentang lahan.

Paham ini bertentangan dengan pendapat kaum environmentalisme yang mengatakan bahwa lingkungan alam lebih bersifat pasif dan masyarakat manusia lebih berperan aktif.

5. Geografi sebagai studi penyebaran gejala di permukaan bumi.

Geografi dapat didefinisikan sebagai studi penyebaran/distribusi gejala di permukaan bumi, yaitu di mana letak sesuatu benda itu berada, apakah itu batu-batuan, tumbuh-tumbuhan, rumah, penduduk, atau segala sesuatu yang ada di permukaan bumi.

6. Geografi sebagai teori keruangan bumi.

Dalam hal  ini,  gagasan  yang  mengumumkan  bahwa geografi  akan dimasukkan  dalam ilmu pengetahuan  alam  menimbulkan kekhawatiran  di  kalangan  ahli  geografi,  yakni  akan membatasi cakrawala geografi pada abstraksi ilmu pengetahuan relasi keruangan saja  dalam artian akan menghilangkan atau mengabaikan ruang dan waktu yang merupakan unsur poko dalam geografi.

Demikian ulasan singkat mengenai Hakikat Geografi, semoga bermanfaat.

Baca juga Penjelasan tentang Konsep Geografi.

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter