Klasifikasi Planet (Planet Bermassa Besar dan Kecil serta Planet Dalam dan Luar)

Klasifikasi Planet - Terdapat beberapa klasifikasi planet atau penggolongan/pengelompokan planet. Dimana diketahui bersama bahwa pengertian planet merupakan benda angkasa yang tidak memiliki cahaya sendiri, berbentuk bulatan dan beredar mengelilingi matahari. Sebagian besar planet memiliki pengiring atau pengikut planet yang disebut satelit yang beredar mengelilingi planet.
Klasifikasi Planet
Klasifikasi Planet
Dalam sistem tata surya terdapat delapan planet. Berdasarkan urutan nya dari matahari. Planet-planet tersebut terdiri atas Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Yupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus, beredar mengelilingi matahari pada orbit atau garis edarnya masing-masing dalam suatu sistem tata surya.
Lihat juga:

Klasifikasi Planet

Berikut ini beberapa klasifikasi planet berdasarkan beberapa kategori dilihat dari keadaan maupun ciri-ciri dari planet di tata surya:

1) Berdasarkan Massanya

  • Planet Bermassa Besar (Superior Planet), terdiri atas Yupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus.
  • Planet Bermassa Kecil (Inferior Planet), terdiri atas Merkurius, Venus, Bumi, dan Mars.

2) Berdasarkan Jaraknya ke Matahari

Berdasarkan jaraknaya dari matahari, klasifikasi planet dibedakan menjadi dua, yaitu:
Klasifikasi Planet
Klasifikasi Planet Dalam dan Planet Luar

a) Klasifikasi Planet Dalam (Interior Planet)

Planet dalam yaitu planet-planet yang jarak rata-ratanya ke matahari lebih dekat dari jarak rata-rata bumi ke matahari atau lintasannya berada di antara lintasan bumi dan matahari. Berdasarkan kriteria tersebut, maka yang termasuk Planet Dalam adalah Merkurius dan Venus.

Planet Merkurius ataupun Venus memiliki kecepatan peredaran mengelilingi matahari berbeda-beda sehingga letak atau kedudukan planet tersebut jika dilihat dari bumi akan berubah-ubah.

Sudut yang dibentuk oleh garis yang meng hubungkan Bumi-Matahari dengan suatu planet disebut elongasi. Besarnya sudut elongasi yang dibentuk oleh garis yang menghubungkan Bumi-Matahari-Merkurius, yaitu antara 0°–28°, sedangkan sudut elongasi Bumi-Matahari-Venus adalah antara 0°–50°.

b) Klasifikasi Planet Luar (Eksterior Planet)

Planet luar yaitu planet-planet yang jarak rata-ratanya ke matahari lebih jauh dari jarak rata-rata bumi ke matahari atau lintasannya berada di luar lintasan bumi. Planet-planet yang termasuk ke dalam kelompok planet luar, yaitu Mars, Yupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus.

Dilihat dari bumi, sudut elongasi kelompok Planet Luar berkisar antara 0°–180°. Jika elongasi salah satu planet mencapai 180°, hal ini berarti planet tersebut sedang berada dalam kedudukan oposisi, yaitu suatu kedudukan di mana suatu planet berkedudukan berlawanan arah dengan posisi matahari dilihat dari bumi. Pada saat oposisi berarti planet tersebut berada pada jarak paling dekat dengan bumi.

Adapun jika elongasi salah satu planet mencapai 0° berarti planet tersebut mencapai kedudukan konjungsi, yaitu suatu kedudukan di mana suatu planet berada dalam posisi searah dengan matahari dilihat dari bumi, pada saat konjungsi berarti planet tersebut berada pada jarak yang paling jauh dengan bumi.

Itulah penjelasan mengenai klasifikasi planet yang ada di tata surya, semoga dapat memberikan manfaat sebagai salah satu referensi yang baik bagi sahabat terlebih bagi penulis sendiri. - KonsepGeografi.net