Pengertian Nebula dan Kumpulan Contoh Nebula

Pengertian Nebula dan Kumpulan Contoh Nebula – Penjelasan kali ini akan sedikit membahas tentang Nebula mulai dari pengertian nebula sampai dengan beberapa macam atau contoh dari nebula. Nebula sendiri berasal dari bahasa Latin yang berarti kabut yang merupakan awan antarbintang yang terdiri dari debu, gas, dan plasma. Awalnya nebula adalah nama umum yang diberikan untuk semua objek astronomi yang membentang, termasuk galaksi di luar Bima Sakti. Ada beberapa contoh dari penggunaan lama masih bertahan sebagai Galaksi Andromeda kadang-kadang merujuk pada Nebula Andromeda.
Pengertian Nebula dan Kumpulan Contoh Nebula
Pengertian Nebula dan Kumpulan Contoh Nebula
Baca juga:

Pengertian Nebula

Nebula adalah sebagai kabut atau awan debu, plasma dan gas yang bercahaya dalam suatu kumpulan yang sangat luas.

Astrofisika Nebula

Terdapat proses bagaimana sebuah nebula terbentuk yang dibahas dalam sebuah ilmu Astrofisika. Daerah H II meupakan tempat kelahiran bintang-bintang. Mereka terbentuk ketika awan molekul yang sangat luas runtuh di bawah gaya gravitasinya sendiri, seringkali disebabkan oleh pengaruh ledakan supernova yang ada di dekatnya. Awan runtuh dan terfragmentasi, membentuk hingga ratusan bintang baru. Bintang yang baru saja terbentuk mengionisasi gas yang ada di sekitarnya menciptakan nebula emisi.

Nebula yang lain terbentuk oleh kematian bintang. Sebuah bintang yang sedang mengalami transisi ke tahap katai putih menghembuskan bagian terluarnya untuk membentuk planetary nebula. Nova dan supernova dapat juga menciptakan nebula yang dikenal sebagai nova remnant dan supernova remnant.

Nebula banyak diyakini oleh para ahli sebagai suatu materi cikal bakal terbentuknya suatu sistem bintang, seperti sistem bintang matahari atau disebut tata surya. Nebula yang terkenal, antara lain nebula Orion M42 pada rasi Orion dan Nebula Trifid pada rasi Sagitarius.

Kumpulan Contoh Nebula

Ada beberapa contoh nebula yang ada di jagat raya, berikut ulasannya:

Pengertian Nebula dan Kumpulan Contoh Nebula
1. Nebula mata kucing [Cat's eye nebula]
Nebula mata kucing (ngc 6543) adalah nebula yang terletak sekumpulan dengan (di area) rasi bintang draco. Struktur nebula ini merupakan salah satu struktur nebula paling kompleks yang pernah diketahui. Nebula ini ditemukan oleh william herschel pada tanggal 15 februari 1786.

2. Nebula kepala kuda [Horse head nebula]
Nebula kepala kuda (dikenal juga sebagai barnard 33) adalah nebula yang gelap (dark) yang sekumpulan dengan bintang orion. Jauhnya dari bumi kira-kira 1.500 tahun cahaya. Nebula ini adalah nebula yang paling mudah didentifikasi karena bentuk awan debu dan gasnya mirip kepala kuda. Nebula ini ditemukan oleh william fleming pada tahun 1888.

3. Nebula kepiting [Crab nebula]
Nebula kepiting (m1, ncg 1952, taurus a) adalah nebula yang sekumpulan dengan bintang taurus. Jauhnya dari bumi kira-kira 6.500 tahun cahaya. Diketemukan pertama kali oleh john bevis.

4. Nebula semut [ Ant nebula]
Nebula semut (mz 3 = menzel 3) ditemukan oleh donald howard menzel pada tahun 1922.

Pengertian Nebula dan Kumpulan Contoh Nebula
5. Nebula elang [Eagle nebula]
Nebula elang (messier 16/ m16, ngc 6611) adalah nebula yang letaknya sekumpulan dengan bintang serpens, ditemukan oleh jean-philippe de cheseaux pada tahun 1745-1746. Jauhnya dari bumi sekitar 7.000 tahun cahaya.

6. Nebula Laba-laba
Nebula laba-laba (dikenal juga sebagai “30 doradus”, atau ngc 2070). Yang semula diperkirakan sebagai bintang, kemudian pada tahun 1751 ditemukan oleh nicolas louis de lacaille yang ternyata adalah nebula.

7. Orion Nebula
Orion nebula (dikenal juga sebagai messier 42, m42, atau ngc 1976) adalah nebula yang tersebar panjang yang terletak di selatan lajur bintang orion. Ia merupakan nebula yang paling terang dan dapat dilihat dengan mata telanjang di atas langit pada malam hari sebagai bercak kabur berkilau mirip pedang orion. Jaraknya dari bumi sekitar 1.270 tahun cahaya. Nebula ini pertama kali ditemukan pada tahun 1610 oleh nicolas claude fabri de peiresc.

8. Eskimo Nebula
Nebula Eskimo (NGC 2392) dikenal juga sebagai Clownface Nebula / Nebula Muka Badut. Ditemukan oleh astronom William Herschel pada tahun 1787. Jaraknya 3.000 tahun cahaya dari Bumi.

Pengertian Nebula dan Kumpulan Contoh Nebula
9. Nebula Bunga Mawar [ Rosette Nebula]
Nebula Bunga Mawar adalah nebula yang sangat besar, letaknya di sekitar bintang Monoceros di area Galaxi “Milky Way”. Jaraknya sekitar 5.200 tahun cahaya dari Bumi.

10. Nebula Empat Persegi Merah [Red Square Nebula]
Nebula Empat Persegi Merah adalah Nebula yang letaknya sekumpulan dengan bintang MWC 922. Nebula ini pertama kali di ambil gambarnya dengan menggunakan teleskop “Mt Palomar Hale” di California dan dipublikasikan pada April 2007. Bentuk empat persegi Nebula ini, merupakan bentuk obyek angkasa yang paling simetris (belahan yang sama) yang pernah ditemukan.

11. Nebula Cincin [Ring Nebula]
Nebula Cincin (Messier 57, M57 atau NGC 6720) adalah Nebula yang terletak di utara bintang Lyra, sebelah selatan bintang terterang, Vega. Nebula Cincin ini dtemukan pertama kali oleh Antoine Darquier de Pellepoix pada Januari 1779.

12. Barnad’s Loop
Nebula “Barnad’s Loop” (Sh 2-276) adalah Nebula yang terlelak sekumpulan dengan bintang Orion. Bisa dilihat (namun sulit) dengan mata telanjang di angkasa di gelapan malam hari. Jaraknya dari Bumi kira-kira 1.600 tahun cahaya.

Pengertian Nebula dan Kumpulan Contoh Nebula
13. Boomerang Nebula
Nebula Boomerang (disebut juga Bow Tie Nebula) adalah nebula yang terletak di area bintang Centarius yang jauhnya dari Bumi kira-kira 5.000 tahun cahaya. Pada tahun 1998 Nebula Boomerang difoto secara terperinci oleh “Hubble Space Telescope” (Teleskop Ruang Angkasa Hubble).

14. Nebula Jam Pasir [Hourglass Nebula]
Hourglass Nebula (dikenal juga sebagai MyCn 18) adalah Nebula yang berada di area selatan bintang Musca yang jauhnya dari Bumi kira-kira 8.000 tahun cahaya. Ia ditemukan pertama kali oleh Annie Jump Cannon dan Margaret W. Mayall.

Sebenarnya masih ada macam-macam atau contoh nebula yang mungkin sampai saat ini belum di ketahui. Tapi beberapa penjelsan dan contoh di atas semoga dapat memberikan pemahaman bagi sahabat tentang apa itu Nebula sebenarnya dan mengetahui contoh dari nebula yang ada jagat raya ini. 

Semoga penjelasan mengenai Pengertian Nebula dan Kumpulan Contoh Nebula dapat memberikan manfaat dan menjadi salah satu bahan referensi yag baik bagi sahabat. – Konsep Geografi

Pustaka:
[Wikipedia Indonesia]
[Azmifajrul Blogspot]
[Hartono dalam Geografi Kelas X SMA/MA, Jelajah Bumi dan Alam Semesta]