Rumus Pertumbuhan Penduduk dan Contoh Soalnya

Rumus Pertumbuhan Penduduk - Untuk menghitung jumlah pertumbuhan penduduk di suatu negara atau wilayah, dibutuhkan sebuah rumus pertumbuhan penduduk. Pengertian pertumbuhan penduduk adalah perubahan jumlah penduduk yang dipengaruhi oleh kelahiran, kematian, dan migrasi penduduk. Namun sebelum itu, sahabat perlu mengetahui bahwa faktor yang mempengaruhi pertumbuhan penduduk diantaranya tingkat kelahiran dan tingkat kematian, juga imigrasi dan emigrasi.
Rumus Pertumbuhan Penduduk
Rumus Pertumbuhan Penduduk Alami dan Total
Baca juga: Jenis-jenis, Pengertian, Fungsi Piramida Penduduk.

Rumus Pertumbuhan Penduduk

Penduduk suatu wilayah akan bertambah apabila terdapat kelahiran (L) dan penduduk yang datang ke wilayah tersebut (I), sedangkan penduduk suatu wilayah akan berkurang apabila terdapat kematian (M) dan terdapat penduduk yang meninggalkan wilayah tersebut (E).

Nach pada kesempatan kali ini, kami akan coba berbagi bagaimana rumus serta perumusan menghitung tingkat pertumbuhan penduduk di suatu wilayah tertentu. Dan untuk perumusan pertumbuhan penduduk ini akan dibagi menjadi dua macam yaitu rumus pertumbuhan penduduk alami dan rumus pertumbuhan penduduk total.

1. Rumus Pertumbuhan Penduduk Alami

Pertumbuhan penduduk alami adalah pertumbuhan penduduk yang dihitung dari selisih antara kelahiran dan kematian suatu wilayah. Pertumbuhan penduduk alami dapat dihitung dengan rumus sebagai berikut.
X = L - M
Keterangan :
  • X = pertumbuhan penduduk alami
  • L = jumlah kelahiran
  • M = jumlah kematian

Contoh Soal dan Penyelesaiannya:
Di suatu wilayah diketahui terdapat jumlah kelahiran 977.000 jiwa sedangkan jumlah kematiannya adalah 659.000 jiwa. Hitung pertumbuhan penduduk alaminya!

Jawab:
Diketahui: L = 977.000
                M = 659.000
Ditanyakan: X alami = ....?
Penyelesaian: X = L - M
                        = 977.000 – 659.000
                        = 318.000 jiwa
Jadi pertambahan penduduk alami wilayah tersebut sebesar 318.000 jiwa.

2. Rumus Pertumbuhan Penduduk Total

Pertumbuhan penduduk total adalah suatu pertambahan penduduk yang tidak hanya merupakan selisih kelahiran dan kematian namun juga memperhatikan migrasi penduduk. Pertambahan penduduk ini terjadi apabila, pertambahan penduduk setelah menjumlahkan kelahiran dikurangi kematian dan imigrasi dikurangi emigrasi. Pertumbuhan penduduk total dapat dihitung dengan rumus sebagai berikut.
X = (L – M) + (I – E)
Keterangan:
  • X = pertumbuhan penduduk total
  • L = jumlah kelahiran
  • M = jumlah kematian
  • I = jumlah imigran
  • E = jumlah emigran

Contoh Soal dan Penyelesaiannya:
Di suatu wilayah diketahui jumlah kelahiran sebesar 977.000 jiwa dan kematian sebesar 659.000 jiwa, sedangkan terjadi imigrasi sebesar 889.000 jiwa dan emigrasi sebesar 512.000 jiwa. Hitunglah pertumbuhan penduduk totalnya!

Jawab:
Diketahui: L = 977.000
              I = 889.000
              M = 659.000
              E = 512.000
Ditanyakan: X total = ....?
Penyelesaian: X = (L – M) + (I – E)
                     = (977.000 – 659.000) + (889.000 – 512.000)
                     = 318.000 + 377.000
                     = 695.000 jiwa
Jadi pertumbuhan pendunduk total wilayah tersebut sebesar 695.000 jiwa.

Demikianlah rumus pertumbuhan penduduk alami dan rumus pertumbuhan penduduk total beserta contoh soal dan penyelesaiannya yang dapat kami bagikan penjelasannya kali ini. Namun jika sahabat menemukan kekeliruan dalam penjelasan di atas, kami mengharapkan saran dari sahabat GEO. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter

0 Response to "Rumus Pertumbuhan Penduduk dan Contoh Soalnya"

Posting Komentar

> Bagikan jika bermanfaat.
> Mari belajar bersama, jangan sungkan untuk berkomentar.