17 Manfaat Mempelajari Geografi

Manfaat Mempelajari Geografi – Dalam dunia pendidikan, sudah tidak asing lagi jika mendengar kata Geografi. Banyak manfaat mempelajari Geografi baik bagi diri sendiri maupun bagi lingkungan sekitar. Ilmu geografi dipelajari mulai dari tingkat sekolah dasar sampai dengan perguruan tinggi. Pada kesempatan kali ini, KonsepGeografi.net akan berbagi beberapa manfaat dari mempelajari ilmu geografi, baik dari segi pengetahuan, keterampilan sampai dengan aspek sikap.
Manfaat Mempelajari Geografi
Manfaat Mempelajari Geografi

17 Manfaat Mempelajari Geografi

Berikut ini beberapa manfaat mempelajari Geografi:
  1. Mampu menggunakan peta, table, grafis maupun teks untuk membantu dalam menyelesaikan masalah dalam pelajaran atau dalam kehidupan sehari-hari.
  2. embantu mempelajari ekonomi dunia dengan mengetahui fenomena beserta tempatnya sebagai dasar untuk merencanakan hubungan kerja sama yang saling menguntungkan.
  3. Membantu menjadi warga negara yang baik, dengan meletakan lokasi kejadian penting dinegara kita sehingga dapat memahami hubungan antara geografi dengan kebijakan nasional dan internasional.
  4. Memberikan kontribusi untuk kerja sama internasional khusus perekonomian dunia.
  5. Memiliki keterampilan membaca peta dan menginterpretasikan informasi.
  6. Mengembangkan  sikap melindungi  dan  tanggung jawab terhadap kualitas lingkungan hidup.
  7. Mengembangkan kepekaan terhadap permasalahan dalam sumber daya. Mengembangkan sikap toleransi terhadap perbedaan sosial dan budaya.
  8. Mengembangkan keterampilan analisis, sintesis, kecenderungan dan hasil-hasil dari interaksi berbagai gejala geografis.
  9. Mengembangkan keterampilan dasar dalam memperoleh data dan informasi, mengkomunikasikan dan menerapkan pengetahuan geografi. 
  10. Mengembangkan keterampilan mengamati lingkungan fisik,lingkungan sosial dan lingkungan binaan.
  11. Mengembangkan keterampilan mengumpulkan, mencatat data dan informasi yang berkaitan dengan aspek-aspek keruangan.
  12. Mengembangkan konsep dasar geografi yang berhubungan dengan lingkungan sekitar, dan wilayah negara di dunia.
  13. Mengembangkan konsep dasar geografi yang berkaitan dengan pola keruangan dan proses-prosesnya.
  14. Mengembangkan pengetahuan sumber daya alam, peluang dan keterbatasannya untuk dimanfaatkan.
  15. Menumbuhkan kesadaran terhadap perubahan fenomena geografi yang terjadi di lingkungan sekitar.
  16. Menumbuhkan sikap, kesadaran dan kepedulian terhadap lingkungan hidup dan sumber daya serta toleransi terhadap keragaman sosial-budaya masyarakat. 
  17. Mewujudkan rasa cinta tanah air dan persatuan bangsa.
Lihat penjelasan lainnya mengenai Fungsi, Tujuan dan Manfaat Mempelajari Geografi.

Gambaran Manfaat Mempelajari Ilmu Geografi

Untuk lebih memahami dari manfaat di atas, berikut ini kami bagikan gambaran dari pemanfaatan ilmu geografi:

  • Perencanaan Kota dan Wilayah
Perencanaan kota, dan wilayah menggunakan ilmu geografi untuk membantu mempelajari bagaimana membangun (atau tidak membangun) suatu lahan menurut kriteria tertentu, misalnya keamanan, keindahan, kesempatan ekonomi, perlindungan cagar alam tau cagar budaya, dan masih banyak lagi yang lainnya. Perencanaan kota, baik kota kecil maupun kota besar, atau perencanaan pedesaan mungkin bisa dianggap sebagai geografi terapan walau mungkin terlihat lebih banyak seni, dan pelajaran sejarah. Beberapa masalah yang dihadapi para perencana wilayah di antaranya adalah eksodus masyarakat desa, dan kota, dan Pertumbuhan Pintar (Smart Growth).

  • Ilmu Wilayah
Pada tahun 1950-an, gerakan ilmu wilayah muncul, dipimpin oleh Walter Isard untuk menghasilkan lebih banyak dasar kuantitatif, dan analitis pada masalah geografi, sebagai tanggapan atas pendekatan kualitatif pada program geografi tradisional. Ilmu wilayah berisi pengetahuan bagaimana dimensi keruangan menjadi peran penting, seperti ekonomi regional, pengelolaan sumber daya, teori lokasi, perencanaan kota, dan wilayah, transportasi, dan komunikasi, geografi manusia, persebaran populasi, ekologi muka bumi, dan kualitas lingkungan.

Demikian penjelasan mengenai manfaat mempelajari geografi yang dapat kami bagikan pada kesempatan kali ini. Semoga penjelasan di atas dapat dengan mudah dipahami dan memberikan manfaat bagi kita semua. Perlu juga sahabat pahami bahwa manfaat mempelajari geografi sebenarnya bergantung bagi pribadi masing-masing, jadi beberapa manfaat di atas hanya berupa gambaran kecil saja.

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter

0 Response to "17 Manfaat Mempelajari Geografi"

Posting Komentar

> Bagikan jika bermanfaat.
> Mari belajar bersama, jangan sungkan untuk berkomentar.