Lingkungan Hidup Dilengkapi Pengertiannya beserta Aspek-aspeknya

Lingkungan Hidup – KonsepGeografi.net kali ini akan berbagi penjelasan tentang materi geografi seputar lingkungan hidup. Sebenarnya istilah lingkungan hidup sering kali sahabat dengar dan perbincangkan dalam kaitan dengan kerusakan atau bencana alam seperti banjir, tanah longsor, dan pencemaran. Apakah yang dimaksud lingkungan hidup?
Lingkungan Hidup
Lingkungan Hidup
Baca juga:

Lingkungan Hidup

Secara umum, lingkungan hidup menunjuk pada berbagai macam organisme di sekitar yang melangsungkan kehidupannya. Lingkungan sekitar diartikan segala benda hidup dan tidak hidup yang berperan dalam mendukung keberadaan makhluk hidup seperti tanah, udara, air, dan makanan bagi makhluk hidup, termasuk panas sinar matahari, dan gravitasi. Pada lingkup manusia, faktor budaya juga termasuk dalam lingkungan hidup.

Pengertian Lingkungan Hidup

Dalam Undang-Undang Nomor 23 Tahun 1997 tentang Pengelolaan Lingkungan Hidup disebutkan bahwa:
Lingkungan hidup adalah kesatuan ruang dengan semua benda, daya, keadaan, dan makhluk hidup, termasuk manusia dan perilakunya, yang memengaruhi kelangsungan peri kehidupan dan kesejahteraan manusia serta makhluk hidup lain”.

Aspek-aspek Lingkungan Hidup

Lingkungan hidup juga dapat dipandang dari aspek biologi, fisik, manusia, dan sosial.

a. Lingkungan Hidup dari Aspek Biologi
Dari aspek biologi, lingkungan biologi merupakan segala sesuatu yang berada di sekitar manusia yang berupa organisme hidup (selain manusia sendiri), misalnya hewan kecil (kuman) sampai hewan besar (gajah) dan tumbuhan kecil (rumput) sampai tumbuhan besar (pohon kelapa).

b. Lingkungan Hidup dari Aspek Fisik
Lingkungan fisik manusia merupakan lingkungan alam yang mengelilingi atau berada di sekitar manusia. Lingkungan ini meliputi faktor:
  1. Iklim
  2. Bentuk lahan (contoh: dataran rendah, dataran tinggi, dan pegunungan).
  3. Tanah
  4. Perairan (seperti sungai, danau, mata air, rawa, dan laut).
  5. Vegetasi (contoh: hutan, padang rumput, flora, dan gurun).
  6. Mineral tambang.

c. Lingkungan Hidup dari Aspek Sosial
Lingkungan sosial merupakan lingkungan manusia dalam masyarakat yang berada di sekitarnya, misalnya tetangga, teman sekerja, dan orang lain.

Sebenarnya berbicara masalah lingkunga hidup sangatlah luas pembahasannya. Namun sebelum mengetahui lebih jauh dari Lingkungan Hidup itu sendiri, terlebih dahulu kita sebaiknya memahami dasar dari pengenalan lingkungan hidup sebagaimana yang sempat kami bagikan penjelasannya di atas. Dan kami berharap semoga penjelasan di atas dapat bermanfaat dan dimanfaatkan oleh sahabat pencinta ilmu pengetahuan Geografi.

Pustaka: [Lingkungan Hidup dalam Geografi Kelas 11 Eni Anjayani Tri Haryanto 2009, Google Images, dan dibagikan oleh KonsepGeografi.net]

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter