Kelembapan Udara dan Pembagiannya

Kelembapan Udara - Dalam geografi kelembapan udara dinamakan juga kelengasan udara, yaitu kandungan uap air dalam udara. Uap air yang berada di udara berasal dari hasil penguapan air di permukaan bumi, air tanah, atau air yang berasal dari penguapan tumbuh-tumbuhan. Semakin tinggi suhu udara, semakin banyak uap air yang dapat dikandungnya. Hal ini berarti semakin lembaplah udara tersebut. Alat untuk mengukur kelembapan udara dinamakan hygrometer atau psychrometer.
Kelembapan Udara
Kelembapan Udara
Kelembapan udara dapat dibedakan kedalam kelembapan udara spesifik, absolut, dan relatif.

1) Kelembapan Udara Spesifik

Kelembapan spesifik adalah perbandingan kandungan uap air dalam tiap unit berat udara. Pada umumnya, dinyatakan dalam satuan berat (gram/kg). Misalnya, dalam 1 kg udara terdapat 60 gram uap air. Hal tersebut berarti kelembapan spesifiknya 60 gram/kg.

2) Kelembapan Udara Absolut

Kelembapan udara absolut adalah perbandingan kandungan uap air dalam setiap volume udara. Pada umumnya, dinyatakan dalam satuan berat gram/liter atau gram/meter3. Misalnya, dalam satu liter udara terdapat uap air sebanyak 30 gram. Jadi, kelembapan absolutnya adalah 30 gram/liter.

3) Kelembapan Udara Relatif

Kelembapan relatif adalah perbandingan antara jumlah uap air yang ada secara nyata (aktual) dan jumlah uap air maksimum yang mampu ditampung oleh setiap unit volume udara dalam suhu yang sama. Selain itu, kelembapan relatif dapat diartikan perbandingan antara tekanan uap yang ada secara nyata/aktual dengan tekanan uap air maksimum pada suhu udara yang sama.

Berikut formulasi perhitungan kelembaban relatif.

Kelembapan Udara
Contoh:
Diketahui dalam 1 m³ udara yang suhunya 20° C terdapat 14 gram uap air (basah absolut = 14 gram), sedangkan uap air maksimum yang daat dikandungnya pada suhu 20° C = 20 gram. Tentukan
kelembapan udara relatifnya?

Jawab:
Demikian penjelasan dari materi geografi tentang Kelembapan Udara, semoga bermanfaat.

Lihat juga materi geografi lainnya berikut ini:
Sumber: KonsepGeografi.net